Selasa, 19 Maret 2024

15 Februari ini sensus penduduk 2020 dimulai

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 

Sensus Penduduk
Jakarta (Riaunews.com) – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan mulai Sabtu (15/2/2020) ini, sensus penduduk 2020 resmi dimulai.

“Sensus penduduk ini diperlukan sebagai proyeksi bagi pemerintah terkait rencana dan kebijakan yang harus dipersiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penduduk,” kata Suhariyanto Kantor Pusat BPS Jakarta, seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (14/2/2020).

Dari sensus penduduk, BPS bisa memperoleh secara pasti jumlah penduduk Indonesia untuk tingkat nasional, provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan. Selain itu, hasil data juga dapat memperlihatkan distribusi penduduk, terutama di Sumatera dan Jawa.

Data distribusi penduduk ini diperlukan dalam berbagai perencanaan, salah satunya pangan. Kemudian, BPS juga dapat mengetahui komposisi perbandingan jumlah penduduk laki-laki dan perempuan (sex ratio). Sex ratio menjadi keterangan penting untuk membuat piramida penduduk.

Piramida penduduk juga dibentuk berdasarkan jumlah penduduk tidak produktif umur 14 tahun ke bawah, produktif usia 15-64 tahun, dan usia 65 tahun ke atas. Piramida penduduk ini akan menentukan rasio ketergantungan nasional.

Selain data individu, BPS juga akan mengumpulkan beberapa variabel lainnya dalam sensus penduduk, yakni perumahan, seperti pemakaian listrik dan konsumsi air ledeng atau air sungai.

“Selain data jenis individu, kami juga ingin mengumpulkan variabel perumahan supaya nanti bisa digunakan sebagai landasan intervensi kebijakan,” kata Suhariyanto.

Ia menambahkan hasil survei untuk data individu diperkirakan dapat diperoleh pada Januari 2021. Setelah itu, BPS masih akan mengambil sampel dari sekitar 4,3 juta keluarga.

“Survei dengan 90 pertanyaan untuk membuat proyeksi penduduk Indonesia. Ini penting karena kami perlu mengetahui dalam 100 tahun Indonesia Merdeka pada 2045. Kami sudah harus memikirkan apa yang akan terjadi, dan harus dipikirkan dari sekarang,” kata dia.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *