Minggu , 29 Maret 2020
Home » Olahraga » Ikan ‘Si Ngongai’ jadi maskot Porprov X Riau di Kuansing

Ikan ‘Si Ngongai’ jadi maskot Porprov X Riau di Kuansing

Si Ngongai
Bupati Kuansing, Mursini, saat ekspos ‘Si Ngongai’ maskot Poprov X Riau 2021 mendantang. (Foto: MCR)

Pekanbaru (Riaunews.com) – Ikan khas Sungai Indragiri, Ongongai, dijadikan maskot oleh Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) sebagai maskot Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau ke X, tahun 2021 mendatang, dan diberi nama ‘Si Ngongai’.

Menurut Bupati Kuansing, Mursini, ikan ongongai salah satu ikan langka yang ada di sungai Indragiri –sungai yang membelah Kabupaten Kuansing, Indragiri Hulu dan bermuara di Indragiri Hilir.

“Si Ngongai ini merupakan salah satu ikan langka yang ada di sungai Indragiri, ikan ini ikan purba endemik dari Sungai Kuantan. Terinspirasi dari ikan inilah Kami menjadikannya maskot Porprov X di Kabupaten Kuansing. Ikan ini tidak semua sungai ada, bahkan mencarinya pun sulit,” ekspos Mursini pada rapat anggota KONI Riau tahun 2020, di Hotel Aryaduta, Pekanbaru, Sabtu (15/2/2020).

Dijelaskan makna dari maskot ‘Si Ngongai’ adalah semangat juang jati diri meraih prestasi membawa marwah negeri. Ngongai hidup di perairan deras, memaknakan Porprov X terselenggarakan atas kegigihan dan kerja keras semua pihak.

“Ikan Ngongai ini mencari makan secara berkelompok, memaknakan kesuksesan Porprov X, ini terwujud atas kerjasama semua pihak,” kata Mursini.

“Insya Allah, kesiapan kami untuk venue cabor bisa kami selesaikan. Dengan penganggaran di tahun ini, ada beberapa venue yang belum selesai, tapi sudah ada dan kami berani menyampaikan persentasenya,” tambah Mursini.

Pada Porprov X di Kuansing akan dipertandingkan sebanyak 27 cabang olahraga. Diantaranya Sepakbola, Futsal, Dayung, Senam, Tinju, Panahan, Muathay, Angkat Besi dan Berat, Menembak, Renang, Atletik, Tenis Meja, Balap Motor, Pentaque, Tenis Lapangan, Panjat Tebing.***

Tinggalkan Balasan