Minggu , 5 Juli 2020
Home » Spesial Riau » Bengkalis » Karhutla di Rupat hanguskan 10 hektar lahan

Karhutla di Rupat hanguskan 10 hektar lahan


Bengkalis (Riaunews.com) – Setidaknya 10 hektar lahan di Dusun Teluk Kumbang Desa Sukarjo Mesim Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau hangus akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang sudah berlangsung selama sepekan.

Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto menyebutkan Satgas terus melakukan upaya pemadaman dan kini api sudah mulai padam, tinggal asap tebal yang masih mengepul.

“Alhamdulillah api sudah mulai padam, cuma saja asap lima hari lalu sangat tebal, dan sejak kita bersama tim berada di lokasi asap sudah mulai berkurang,” kata Sigit, Rabu (26/2/2020).

Salah satu kendala upaya pemadaman api, lanjut Sigit, adalah angin yang bertiup cukup kencang. Meski demikian petugas terus berjibaku memadam api mengingat jarak karhutla hanya sekitar tiga kilometer dari pemukiman warga.

“Jaraknya lebih kurang 3 km dari pemukiman, namun meskipun mengeluarkan asap di lokasi karhutla tidak sampai ke pemukiman warga, jadi untuk aktivitas warga tidak terganggu,” tambahnya.

Sigit juga mengatakan, pemadaman sempat dibantu melalui water bombing beberapa hari lalu. Sementara petugas di lapangan berasal dari gabungan unsur TNI, MPA, masyarakat, Damkar, BPBD serta dari Polisi.

Dijelaskan, lahan yang terbakar merupakan areal kebun sawit, namun hingga saat ini belum diketahui siapa pemiliknya.***

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan