Sabtu , 6 Juni 2020
Home » Spesial Riau » Kuantan Singingi » Panen raya bawang merah, Sekda yakin Kuansing berpotensi jadi sentra produksi

Panen raya bawang merah, Sekda yakin Kuansing berpotensi jadi sentra produksi

Sekda Kuansing Dianto Mampanini saat melakukan panen raya bawang merah di Desa Benai Kecil, Kecamatan Benai. (Foto: MCR)

Teluk Kuantan (Riaunews.com) – Kelompok Tani Beken Jaya yang mengelola lahan di Desa Benai Kecil, Kecamatan Benai, Kabupaten Kuanan Singingi, Riau, berhasil membudidayakan bawang merah.

Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya panen raya, pada Selasa (17/2/2020), yang dihadiri Sekretaris Daerah Kuansing Dianto Mampanini.

Dalam sambutannya, Dianto Mampanini mengapresiasi penanaman bawang merah oleh Kelompok Tani Beken Jaya Benai Kecil.

“Kita dalam hal ini pemerintah sangat mengapresiasi Kelompok Tani Beken Jaya yang telah berhasil mengembangkan komoditi bawang merah,” ujarnya.

Menurutnya, bawang merah dalam setiap perhitungan inflasi menjadi salah satu komoditas penyumbang. Karena bawang merah merupakan konsumsi pokok yang tidak bisa dihindari.

“Kita berharap, dengan berkembangnya komoditi bawang merah di Kuansing, dapat menekan inflasi minimal di Kuansing,” katanya.

Menurut data kata Dianto, sebanyak 75 persen produksi bawang merah berada di daerah Jawa. Diantaranya, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat (NTB). Sisanya terbagi ke provinsi lain.

Sementara untuk Sumatara daerah penghasil bawang merah adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung. Riau tak masuk.

“Kita berharap Kuansing dapat menjadi andalan Riau ke depan untuk mencukupi kebutuhan bawang merah masyarakat,” kata Dianto.

Dirinya yakin hal tersebut menjadi kenyataan jika hal ini dilakukan bersama-sama dan mendapat dukungan semua pihak.***

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan