Jumat , 5 Juni 2020
Home » Spesial Riau » Siak » Penumpang dari luar negeri wajib mengisi Health Alert Card di Pelabuhan Siak

Penumpang dari luar negeri wajib mengisi Health Alert Card di Pelabuhan Siak

Kementrian Kesehatan memantau kedatangan penumpang dari luar negeri guna mencegah masuknya virus corona ke Tanah Air. (Foto: Kompas)

Siak (Riaunews.com) – Guna meminimalisir masuknya wabah virus corona ke Indonesia, khususnya Provinsi Riau, semua penumpang dari luar negeri wajib mengisi Health Alert Card (HAC).

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Pekanbaru Sarifuddin Saragih mengatakan, pemberlakuan sistem HAC tersebut tidak hanya di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, namun juga di beberapa pelabuhan di Kabupaten Siak.

“Sistem HAC sudah kami berlakukan pada tiga pelabuhan di Siak, seperti di Perawang, Buatan dan Tanjung Buton,” kata Sarifuddin dalam acara sosialisasi tentang virus corona di ruang Rapat Kantor Bupati Siak, Senin (17/2/2020).

Sariffudin menjelaskan, pemberlakuan HAC yang wajib diisi penumpang dari luar negeri dilakukan untuk pengawasan dengan langkah-langkah antisipatif pencegahan kemungkinan masuknya virus covid-19.

“Jadi pengawasan dilakukan terhadap orang, barang dan alat angkut, terhadap penumpang kapal laut ke wilayah Siak,” tegasnya sembari mengatakan bahwa virus corona yang mewabah Kota Wuhan China telah pula menyebar ke beberapa negara lainnya di dunia.

Menurutnya, jika ada penumpang yang sakit, maka wajib dilakukan pemeriksaan medis dan tindakan protektif serta tindakan pencegahan, selanjutnya dirujuk ke puskesmas terdekat.***

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan