Sabtu , 30 Mei 2020
Home » Spesial Riau » Pekanbaru » Sistem Transportasi Pintar diujicoba di empat titik persimpangan jalan Kota Pekanbaru

Sistem Transportasi Pintar diujicoba di empat titik persimpangan jalan Kota Pekanbaru

Persimpangan Jalan jenderal Sudirman dan Gajah Mada menjadi salah satu titik pemasangan ITS. (Foto: Youtube/Raja Drone ID)

Pekanbaru (Riaunews.com) – Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru saat ini tengah melakukan pemasangan dan ujiboca Sistem Transportasi Pintar (Intelligent Transport System – ITS), di empat titik persimpangan yang ada di jalan protokol Kota Pekanbaru.

Kadishub Kota Pekanbaru Yuliarso mengatakan, ITS yang dipasang di beberapa titik tersebut masih dalam proses uji coba dan dimiliki oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD).

“Itu punya BPTD, kami hanya operasionalnya saja. Karena ini punya balai dan saat ini masih dalam tanggung jawab mereka. Kalau sudah diserahterimakan seluruhnya, ya berarti akan menjadi tanggung jawab Dishub kota Pekanbaru,” kata Yuliarso, Selasa (17/2/2020).

Empat titik pemasangan ITS tersebut diantaranya di simpang Jalan Gajah Mada-Jalan Diponegoro, simpang Jalan Sudirman-Jalan Gajah Mada, simpang Jalan Sudirman-Jalan Tuanku Tambusai, dan simpang Jalan Sudirman-Jalan Imam Munandar masih dalam tahap uji coba.

Dijelaskan, pemasangan ITS berfungsi untuk memantau aktivitas lalu lintas di setiap persimpangan jalan. Selain memberikan teguran terhadap pengendara yang melanggar lalu lintas dan marka jalan.

“ITS juga bisa dimanfaatkan Pemko Pekanbaru untuk memberikan pengumuman kepada masyarakat,” katanya.

Yuliarso klaim teknologi ITS berada di atas ATCS (Area Traffic Control Sistem).

Dikutip dari berbagai sumber, ITS adalah integrasi antar sistem informasi dan teknologi komunikasi dengan infrastruktur transportasi, kendaraan dan pengguna jalan. Melalui sistem ini, pemerintah memberikan solusi dengan mengintegrasikan pengguna jalan, sistem transportasi, dan kendaraan melalui sistem informasi dan teknologi komunikasi.***

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan