Sabtu , 6 Juni 2020
Home » Spesial Riau » Pekanbaru » Ssst… Tak disiplin di lampu merah bisa ditilang lewat kamera pengawas ITS Pekanbaru

Ssst… Tak disiplin di lampu merah bisa ditilang lewat kamera pengawas ITS Pekanbaru

Pengandara nakan yang terekam kamera pengawas lalu lintas, bisa kena tilang. (Foto: CNN Indonesia)

Pekanbaru (Riaunews.com) – Kamera yang ada di jaringan Intelligent Transport System (ITS) atau sistem transportasi pintar akan dihubungkan ke Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Pekanbaru.

Kepala Bidang Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Edi Sofyan mengatakan, saat ini ITS baru dipasang di empat persimpangan yang ada di jalan protokol Kota Pekanbaru.

Untuk saat ini, pengguna jalan yang nakal masih akan diberi teguran, namun ke depannya para pengandara yang tidak tertib akan kena tilang.

“Ke depan akan langsung ditindak oleh Satlantas,” kata Edi, Sabtu (22/2/2020).

Edi berharap juga sebaliknya, yakni kamera pengintai milik Satlantas juga terkoneksi dengan jaringan ITS milik Dishub. Sehingga, bisa melakukan pengawasan secara bersama khususnya di kawasan padat lalu lintas.

Kerjasama pengawasan lalu lintas ini diperlukan, mengingat kamera pengintai yang dimiliki Dishub masih terbatas. Jadi, kata dia, Dishub menyosialisasikan aturan lalu lintas dan Satlantas melakukan penindakan.

“Jadi solusi sementara, kami akan bekerjasama dengan Satlantas Pekanbaru yang juga memiliki kamera pengintai agar saling terkoneksi,” kata dia.

ITS milik Dishub itu kini terpasang di pertigaan Jalan Diponegoro-Jalan Gajah Mada, Jalan Sudirman-Gajah Mada, Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Tuanku Tambusai, dan Jalan Sudirman dengan Imam Munandar.***

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan