Minggu , September 27 2020
Home / Hukum & Kriminal / Uang infak Masjid Raya Sumbar digunakan oknum PNS ini untuk foya-foya

Uang infak Masjid Raya Sumbar digunakan oknum PNS ini untuk foya-foya

Masjid Raya Sumatera Barat.

Padang (Riaunews.com) – RNT, seorang aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai negeri sipil (PNS) Sekretariat Daerah Sumbar ke Polresta Padang karena dugaan menggelapkan uang infak masjid.

Dilansir CNN Indinesia, Kepala Inspektorat Pemprov Sumbar, Mardi mengatakan sejak kasus ini mereka tangani RNT dipecat sebagai Bendahara pada Biro Bina Mental dan Kesra Setda Sumbar, setelah bekerja selama 2013 hingga 2019.

“Biro ini juga mengelola dana APBD dan BAZ. Mungkin RNT sempat bermasalah mengelola dana BAZ, yang kemudian menimbulkan kejanggalan. Namun, RNT berhasil menyelesaikan permasalahan tersebut,” ucap dia.

“Masalah dana BAZ berhasil selesaikan, tetapi dana infak dan APBD tidak mampu ia selesaikan,” ujar Mardi.

Lebih jauh Mardi mengaku, berdasarkan pengakuan RNT, uang yang ia gelapkan digunakan untuk berfoya-foya, seperti liburan dan jalan-jalan. Uang itu juga dialokasikan untuk keperluan keluarganya, termasuk untuk mengobati anggota keluarganya yang sakit.

“Saat kami interogasi, ia seperti orang tak berdosa saja. Katanya dia memakai dana itu untuk berfoya-foya. Uang itu tidak membekas padanya karena rumahnya saja masih kredit. Dia tenang-tenang saja,” ujar Mardi.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Padang, AKP Edriyan Wiguna mengatakan pihaknya belum bisa menerima laporan secara resmi dari Pengurus Masjid Raya Sumbar karena bukti-bukti terkait dugaan penggelapan duit infak oleh RNT ini belum lengkap.

“Pengurus Masjid Raya Sumbar memang mendatangi Polresta Padang minggu yang lalu. Kami meminta pengurus untuk melengkapi dulu bukti-bukti,” ujarnya.

Di sisi lain Kepala Biro Bina Mental dan Kesra Setda Sumbar, Saifullah, mengatakan bahwa pihaknya sedang mengumpulkan data dugaan penggelapan dana infak ini. Setelah data terkumpul, pihaknya akan menyerahkan data itu kepada pengurus Masjid Raya Sumbar untuk dilaporkan ke kepolisian.***

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan