Aneh, APD dari China namun bertuliskan Made in Indonesia

Gubernur DKI Jakarta menerima bantuan 40 ribu disposable protective coverall atau setelan baju dan celana pelindung untuk tenaga medis yang menangani pasien virus corona. (Foto: Humas Pemprov DKI Jakarta)

Jakarta (Riaunews.com) – Bantuan 40 ribu disposable protective coverall atau setelan baju dan celana pelindung untuk tenaga medis, diterima Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Senin (23/3/2020) pagi. Komponen alat pelindung diri (APD) ini dibagi dan dimasukan dalam 800 dus.

APD yang tengah diperlukan tenaga medis untuk merawat pasien corona Covid-19 ini telah dibagikan ke setiap rumah sakit dan puskesmas.

Meski demikian, ada beberapa hal yang menjadi sorotan dalam penerimaan bantuan ini.

Dilansir laman Suara.com, bantuan ini datang dari Tim Gugus Tugas Covid-19 yang didatangkan langsung dari China.

Bahkan, pemerintah mengerahkan pasukan TNI beserta pesawat Hercules untuk membawa alat ini. Namun terdapat temuan menarik pada dus barang ini.

Tulisan “Made in Indonesia tercantum pada kardus disposable protective coverall yang diterima Gubernur DKI Jakarta. (Foto: Humas Pemprov DKI Jakarta)

Pada bagian kardus, terdapat tulisan “Made In Indonesia” atau dibuat di Indonesia. Padahal, alat ini sudah jauh-jauh didatangkan dari China.

Tak hanya itu, kardusnya juga bertulisan Korea. Tertulis adanya situs www.upc.co.kr, perusahaan pembuat APD dari Korea Selatan.

Sisanya, pada kardus hanya berupa keterangan biasa. Seperti ukuran, nomor seri, hingga kontak dari produsen.

Kendati demikian, belum diketahui apakah benar alat ini dibuat di Indonesia. Tim Gugus Tugas belum memberikan konfirmasi terkait hal ini.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: