Rabu , Juli 28 2021

Diskes Pekanbaru diimbau jangan lengah virus corona

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru diimbau untuk tidak lengah akan potensi penyebaran virus corona di ibu kota Provinsi Riau.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri, Ahad (1/3/2020) malam, sembari menyarankan pada Diskes Pekanbaru untuk melakukan pemantauan kepada seluruh pasien yang menderita demam tinggi akibat gejala pneunomia di seluruh puskesmas, klinik maupun rumah sakit yang ada.

Hal itu menanggapi Surat Edaran Nomor : 43/SE/2020 yang dikeluarkan oleh Gubernur Riau. Dalam SE tersebut, Gubri mengintruksikan agar Diskes kabupaten/kota di Provinsi Riau melakukan pengamatan kasus pneumonia yang terjadi di wilayahnya.

Edaran ini tak lepas karena peningkatan kasus virus corona Covid-19 di negara tetangga Singapura, dengan ditetapkannya Disease Outbreak Response System Condition (Dorscon) dari level kuning ke level oranye.

“Kita harap instruksi Gubernur itu segera ditindaklanjuti. Sudah sepatutnya segera dibentuk tim khusus untuk menanggulangi virus tersebut,” ujar Azwendi dikutip Haluan Riau.

Diskes Pekanbaru, sebut Azwendi, harus melakukan update informasi dari sumber yang akurat dan kredibel, kemudian disebarkan kembali ke tengah masyarakat. Itu dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman, dan tentunya akan menciptakan rasa aman bagi masyarakat.

“Harus terus update melalui media kepada masyarakat terkait hal ini, dan kasih pemahaman pencegahan agar tidak terpapar. Karena kabar dan berita bohong dapat membuat masyarakat cemas,” lanjut dia.

Selain itu, dia berharap kesiapan rumah sakit baik milik pemerintah maupun swasta untuk segera membuat tempat penanganan, ruang isolasi dan cara-cara lain penanganan yang maksimal sesuai standardisasi medis.

“Menangani bahanya virus ini kita tidak boleh lengah, kendati sampai saat ini belum ada kasus pasien/korban yang terpapar virus corona di Pekanbaru,” tutup Politisi Partai Demokrat itu.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: