Minggu , 12 Juli 2020
Home » Nasional » JK imbau jamaah yang flu untuk tidak shalat di masjid

JK imbau jamaah yang flu untuk tidak shalat di masjid

Ketua Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla.

Jakarta (Riaunews.com) – Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia mengimbau agar masyarakat dapat menjaga sanitasi masjid dan musala setelah Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengkonfirmasi dua warga negara Indonesia positif virus corona.

Hal ini disampaikan melalui surat edaran nomor 041/PP-DMI/A/II/2020 pada Senin, 2 Maret 2020. Surat ini ditandatangani langsung oleh Ketua PP-DMI, Jusuf Kalla.

“Mengimbau seluruh jajaran pimpinan wilayah, daerah, cabang dan ranting untuk melakukan langkah sanitasi siaga bersama DKM dan Takmir Masjid atau Mushalla,” tulis Jusuf Kalla dalam surat itu.

Berikut petikan surat yang berisi 6 point tersebut:

Pertama, meminta seluruh jajaran DMI teratur menjaga kebersihan lantai masjid/mushala dengan cairan disinfectant. Ini yang pertama.

Kedua, menjaga kebersihan karpet dan alat sholat lainnya dengan rutin/konstan (penggunaan vacuum cleaner atau alat pembersih lainnya sangat dianjurkan).

Ketiga, menjaga kebersihan tempat wudhu dan toliet dengan cairan disinfectant.

Keempat, Mengimbau para jamaah sholat agar membawa sajadah atau sapu tangan/kain bersih sendiri sebagai alas sujud masing-masing. Kelima, meminta para jamaah yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala sakit flu atau salesma untuk melaksanakan shalat di rumah masing-masing hingga sembuh.

Keenam, Ikut mengawasi penyebaran atau penularan virus corona (Covid-19) dan melakukan upaya tanggap/melaporkan jika ada warga masyarakat dicurigai terdampak virus corona, khususnya di sekitar masid/mushola,” demikian bunyi imbauan tersebut.***

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan