Minggu , 12 Juli 2020
Home » Spesial Riau » Jubir sebut pasien positif Covid-19 kedua di Riau hanya batuk ringan

Jubir sebut pasien positif Covid-19 kedua di Riau hanya batuk ringan

Jubir Covid-19 Pemprov Riau dr Indra Yopi saat memberikan keterangan pers.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Juru bicara penanganan virus corona (Covid-19) Provinsi Riau dr Indra Yopi mengatakan, pasien kedua yang terkonfirmasi positif terinfeksi Covid-19 dilaporkan hanya mengalami batuk ringan. Dikatakan dr. Indra, pasien berinisial AH (42) itu saat ini tengah menjalani perawatan di RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru.

“Beliau dirawat sejak dua hari lalu, kondisinya baik, hanya batuk ringan saja. Tidak demam, tidak ada mengalami sesak nafas. Nafsu makannya juga bagus,” tuturnya, Ahad (29/3/2020), dilansir Media Center Riau.

Tim dokter RSUD Arifin Achmad, lanjut dr. Indra, juga telah memberi pengobatan khusus terkait penanganan COVID-19 kepada pasien tersebut.

“Ada beberapa obat yang diberikan, antibiotik dan diinfus. Pasien harus menunggu sampai dua kali swap dinyatakan negatif, baru boleh pulang,” ujarnya.

Lebih dia menerangkan, dari hasil penelusuran yang dilakukan oleh petugas dari dinas kesehatan setempat, pasien tersebut sebelumnya memiliki hubungan kontak dengan pasien positif Covid-19 pada kasus pertama, yakni tuan M telah dinyatakan sembuh. Di mana, keduanya pernah sama-sama menjadi bagian dari jamaah yang mengikuti kegiatan tabligh akbar di Petaling Jaya, Malaysia beberapa waktu lalu.

“Mereka berdua merasakan gejala setelah pulang dari Malaysia, mengikuti kegiatan tabligh di Malaysia. Ternyata memang kegiatan di Petaling Malaysia menjadi suatu sumber klaster yang besar,” kata dia.

“Tuan M dan Tuan AH ini memang kembali dari Malaysia. Jadi bukan penularan dari orang ke orang di Peovinsi Riau,” tambahnya.

Karenanya, dia berharap agar masyarakat yang mengikuti kegiatan serupa di Petaling waktu lalu, dapat suka rela untuk memeriksakan diri ke puskesmas dan rumah sakit di wilayah setempat.

“Hal ini supaya kita bisa melakukan pemeriksaan swap. Memang dinas kesehatan kabupaten dan kota setempat juga telah melakukan surveilans ke beberapa orang yang kembali dari Petaling,” ujarnya.***

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan