Selasa , 7 Juli 2020
Home » Kesehatan » ‘Mengenal’ virus corona yang rapuh dan mati saat kena deterjen

‘Mengenal’ virus corona yang rapuh dan mati saat kena deterjen

Salah satu cara mudah terhindar dari virus corona adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun.

Jakarta (Riaunews.com) – Setiap seseorang yang usai kontak dengan pasien positif virus korona jenis baru atau COVID-19 dan mereka yang khawatir tertular, disarankan untuk melakukan isolasi mandiri. Isolasi dilakukan di rumah dengan tetap disiplin mematuhi pedoman kesehatan.

Salah satunya adalah disiplin menggunakan masker agar tak menulari anggota keluarga lainnya jika timbul gejala klinis seperti batuk, pilek, dan demam. Dan disarankan untuk tidak bergantian alat makan.

Juru Bicara Pemerintah Untuk COVID-19 Achmad Yurianto menjelaskan seseorang yang melakukan isolasi di rumah yakinkan alat makan selalu dicuci dengan sabun. Dan jangan bergantian jika belum bersih.

“Harus pastikan bersih. Dan dicuci dengan sabun deterjen,” katanya kepada wartawan beberapa hari lalu.

Jika alat makan sudah dicuci, kata Yurianto, pastikan menggunakan deterjen. Sebab virus Korona akan mati jika alat makan dicuci dengan deterjen.

“Karakter virus korona bungkusnya rapuh, kena deterjen akan pecah, mati. Deterjen apapun,” jelasnya.

Dilansir Jawa Pos, dalam laman Seattle Times disebutkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menawarkan kegiatan membersihkan dan mendisinfeksi di rumah saat isolasi mandiri dari virus selama masa inkubasi sampai dua minggu.

Membersihkan bisa menghilangkan kuman dari permukaan. Membersihkan tidak membunuh kuman tetapi menurunkan jumlahnya, mengurangi risiko penyebaran infeksi. Disinfeksi mengacu pada penggunaan bahan kimia untuk membunuh kuman di permukaan.

Bersihkan dan disinfeksi perabotan setiap hari, termasuk meja, kursi, gagang pintu, sakelar lampu, remote control, gagang, meja, toilet, konter, dan bak cuci. Bersihkan dengan pembersih rumah tangga dan disinfektan. Gunakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan dan mendisinfeksi permukaan.

Permukaan akan bersih dengan deterjen atau sabun dan air. Gunakan larutan pemutih rumah tangga atau deterjen yang telah diencerkan ditambah larutan alkohol setidaknya 70 persen alkohol atau disinfektan rumah tangga yang beredar umum di pasar swalayan.***

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan