Pekanbaru diguyuri hujan, basement STC tergenang

Sukaramai Trade Center Pekanbaru. (Foto: Riau Mandiri)

Pekanbaru (Riaunews.com) – Hujan yang mengguyur Kota Pekanbaru, pada Kamis (5/3/2020) pagi, membuat basement Sukaramai Trade Centre (STC) digenangi air di sana-sini.

Beberapa pedagang yang sudah sempat pindah ke sana terpaksa mengevakuasi barang dagangannya agar tidak basah. Pemindahan itu dijaga security di pintu basement di sisi utama STC.

Dilansir Cakaplah, para pedagang mengaku memang dagangan mereka tidak basah, namun tetap saja ada kekhawatiran kalau ketinggian genangan air meningkat.

“Barang nggak basah. Cuma di dalam tergenang,” kata salah seorang pedagang.

Kepala Cabang PT Makmur Papan Permata (MPP) Kota Pekanbaru Suryanto tidak menampik adanya genangan air. Menurutnya genangan tersebut tidak banyak.

“Air satu centi lah karena tersumbatnya floor drain. Floor drain ini saluran penerima buangan air hujan. Jadi sebagian tadi kita cek, tertutup oleh material bekas plasteran mau pun kantong plastik,” kata Suryanto.

Menurutnya, PT MPP sudah membagi tim untuk mengatasi persoalan itu. Satu tim pembersihan air dalam gedung dan tim lain pencari sumber masuknya air. Kemudian ada tim mendata toko pedagang mana yang terdampak.

“Nanti kita bisa ambil langkah-langkah. Karena air tidak lewat jalannya, sehingga meluber dan akhirnya kemana-mana. Makanya merembet lewat tiang, lewat plafon, itu wajar. Hanya sebagian,” jelasnya.

Ia juga klaim secara teknis kondisi itu tidak akan terjadi lagi. Apalagi, bulan April kemungkinan pusat perbelanjaan itu sudah beroperasi.

“Secara teknis kami menjamin itu tidak akan terulang lagi. Dan momentum ini saya melihatnya sebagai peringatan dini. Di saat pedagang prepare pindah, kita sudah diingatkan ada kejadian ini. Apa yang perlu dilengkapi,” jelasnya.***

Tinggalkan Balasan