Minggu , 12 Juli 2020
Home » Nasional » Presiden umumkan dua warga Depok positif corona

Presiden umumkan dua warga Depok positif corona

Penanganan pasien terinfeksi virus corona. (Foto: CNN)

Jakarta (Riaunews.com) – Presiden Joko Widodo menyebut dua warga negara Indonesia (WNI) sempat berkontak dengan seorang warga negara (WN) Jepang yang positif Virus Corona. Keduanya ikut terpapar virus tersebut.

“Ada orang Jepang yang ke Indonesia kemudian tinggal di Malaysia. Dicek di sana ternyata positif Corona. Tim di Indonesia langsung menelusuri,” kata dia, di Jakarta, Senin (2/3/2020), dilansir CNNIndonesia.

Penelusuran itu, kata Jokowi, dilakukan terhadap siapa saja yang ditemui oleh orang Jepang itu serta lokasi pertemuannya.

“Ternyata orang yang telah terkena Virus Corona ini berhubungan dengan dua orang, seorang ibu yang umurnya 64 tahun, dan putrinya 31 tahun,” tutur Jokowi.

“Dicek oleh tim kita pada posisi yang sakit. Dicek dan tadi pagi saya mendapat laporan dari Pak Menkes [Terawan] bahwa ibu ini dan putrinya positif corona,” katanya.

“Di Indonesia. Sudah di rumah sakit,” kata Jokowi menambahkan.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut dua WNI yang positif Virus Corona setelah kontak dengan warga Jepang bertempat tinggal di Depok.

“[WN Jepang] ini teman dekatnya. Ketemunya di sini, di rumahnya, daerah Depok, Jabar,” ungkap Terawan, di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/3).

“Dua orang ini WNI-lah, warga kita,” imbuhnya.

Terawan mengungkapkan WN Jepang itu terdeteksi virus tersebut di Malaysia. Warga Jepang itu, kata dia, pernah melakukan perjalanan ke Indonesia.

Kementerian Kesehatan Malaysia, kata dia, sudah berkomunikasi dengan pihaknya terkait riwayat perjalanan warga Jepang itu.

“Kemudian kita tracking siapa yang close contact di sini,” imbuhnya.

Tim kemudian mendapatkan dua orang tersebut. Pihaknya kemudian membawa keduanya ke RSPI Sulianti Saroso. Pemeriksaan kemudian dilakukan. Keduanya dinyatakan positif virus itu.

“Supaya tidak salah orang menerjemahkan. Jadi dia ada di ruang khusus tidak terkontak dengan yang lain,” ungkapnya.***

Tinggalkan Balasan