Rabu , September 22 2021

Relawan Covid-19 UNRI produksi sanitizer gratis

Tim Relawan COVID-19 UNRI bersama mahasiswa terlihat tengah memproduksi sanitizer

Pekanbaru (RiauNews.com) – Enam laboratorium milik Universitast Riau (UNRI), kolaborasi produksi cairan pencuci tangan steril atau sanitizer yang akan didistribusikan kepada masyarakat secara gratis sebagai dukungan antisipasi pandemi Covid-19.

Disebutkan Ketua Tim Relawan UNRI, Dr. Arisman Adnan, MSc, Enam lab yang digunakan adalah Lab Mikrobiologi di bawah arahan Atria, MSi, Lab Kimia Fisik dipimpin Dr. Nurhayati, Lab Fisika Material diketuai Dr. Ari Sulistiorini, Lab Kimia FKIP oleh Abdullah, MSi, Lab Bio FKIP dikomandoi Dr.Zulfarina, M.Si dan Lab Bioteknologi Kelautan dipimpin Profesor Irwan Efendi.

“Keenam Lab ini sedang dalam proses produksi yang hasilnya akan dapat dimanfaatkan mulai hari ini,” ungkap Arisman Adnan, Jumat (20/03/2020).

Alasan lain kegiatan yang dimotori Relawan Covid-19 UNRI tersebut dilakukan, adalah karena mulai sulitnya mendapatkan cairan sanitizer di pasaran.

Ujar Arisman yang juga Dosen Matematika FMIPA Universitas Riau ini, tim relawan UNRI melibatkan puluhan dosen lintas bidang ilmu serta 130 lebih mahasiswa. “Cairan antiseptic diperlukan sebagai bagian dari upaya pencegahan menyebarnya virus corona dari orang ke orang atau dari orang ke benda lain,” imbuhnya.

Selanjutnya, tahap awal sanitizer produksi UNRI tersebut akan diedarkan kepada warga di lingkungan kampus secara Cuma-cuma. Bila produksinya terus meningkat maka akan didistribusikan juga kepada masyarakat luas sekitar kampus.

“Enam laboratorium yang terlibat mampu memproduksi lebih kurang 30 liter per hari. Hanya saja belum dapat didistribusikan secara luas karena masih pada tahapan proses pengemasan dalam botol-botol khusus dan pemberian label. Baru contoh yang kita berikan kepada pimpinan universitas dari hasil produksi beberapa hari belakangan,” ujar Arisman.

Agar keberlangsungan produksi berjalan terus, disebutkan Arisman bahwa pihaknya tidak menampik bila ada dermawan dan warga yang ingin terlibat dalam kegiatan kemanusiaan ini, baik dalam bentuk sumbangan tenaga, fikiran, dan bahan baku seperti botol kemasan, cairan alkohol 96% dan lainya.

Pihaknya juga membuka rekening untuk menampung sumbangan dermawan melalui rekening Bank Mandiri No. Rek: 108-00-1590474-2 atas nama Radiatul Mardhiah. Bila masyarakat ingin mendapat informasi seputar kegiatan tersebut, Tim Relawan Covid-19 UNRI juga membuka Information Center melalui nomor 0852 7233 5055, yang akan dipandu Muhammad Rokhim.

“Kami saat ini sedang kesulitan mendapatkan cairan alkohol yang menjadi salah satu bahan untuk pembuatan cairan senitizer, begitu juga wadah penyimpanan ,’’ pungkas Arisman.

Editor : Pepen

 
 

2 komentar

  1. Yasendi Anakri

    Mantap

  2. mantapp👍👍👍

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: