Minggu , 12 Juli 2020
Home » Spesial Riau » Kampar » Thomas Renaldo siap benahi Pulau Birandang

Thomas Renaldo siap benahi Pulau Birandang

Kades Pulau Birandang Thomas Renaldo (berjas putih) dalam acara serah terima jabatan dari pejabat sebelumnya. (Foto: istimewa)

Kampa (Riaunews.com) – Menjabat Kepala Desa (Kades) saat ini kalau hanya menghabiskan anggaran yang ada, maka seorang Kades belum bisa dikatakan berhasil, semua orang bisa berbuat demikian jika hanya menjalakan program yang sudah ada ketentuannya.

Tapi seorang Kades dituntut mampu menggali berbagai potensi desa yang ada dan sumber daya untuk mensejahterahkan masyarakat dan perangkatnya menuju desa yang makmur dan sejahtera.

Pesan itu disampaikan Camat Kampa Dedi Herman saat menghadiri Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kades Pulau Birandang dari Darlisman kepada Tomas Renaldo, di Aula Desa, Rabu sore (4/3/2020).

“Suksesnya seorang Kades bukan hanya karena berhasil mengelolah anggaran desa yang dialokasikan oleh pemerintah. Tapi yang lebih penting adalah bagaimana menggali dan memanfaatkan potensi sumber daya yang ada di desa untuk kesejahteraan rakyatnya,” sebut Dedi.

Sementara itu Kades Pulau Birandang Tomas Renaldo menyampaikan ungkapan rasa terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Pulau Birandang yang telah berpartisipasi aktif dan sukses melakukan Pilkades damai beberapa waktu yang lalu.

“Saya diangkat menjadi pemimpin di desa ini, bukan berarti saya yang terbaik, tapi ini takdir Allah SWT dan amanah dari Bapak Ibu. Saya nantinya tak akan bisa bekerja sendiri. Mengutip pernyataan dari seorang sahabat Nabi, ikuti saya jika saya benar dan ingatkan saya jika saya salah,” ucap Kades Tomas dengan muka haru.

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh komponen masyarakat Desa Pulau Birandang untuk kembali bersatu dan melupakan masa lalu maupun saat Pilkades dulu.

“Mari kita tatap masa depan lebih optimis, kita bangun desa kita untuk lebih maju lagi. Kita jauhi perbedaan dan hindari perpecahan demi Pulau Birandang yang adil dan sejahtera,” sambut Tomas bersemangat.

Sedangkan Ketua BPD Jalinus SHI dalam sambutannya menekenkan pentingnya menjalin kordinasi dan kerjasama antara Kades dengan lembaga desa yang ada seperti BPD dalam menjalankan roda pemerintahanan di desa.

“Tanpa dukungan kita bersama, semua unsur, mustahil pembanguna yang adil dan sejahtera dapat kiat wujudkan. Untuk itu, mari kita cari solusi, duduk bersama kalau ada yang salah dari Kades kita ini nantinya,” ajak Jalinus.

Jalinus juga berpesan kepada Kades dan perangkat agar segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) 2020-2026 untuk enam tahun ke depan sebagai patokan menyusun RKPDes tiap tahunnya.

“Dulu saat menjadi calon kepala desa, Kades kita memiliki visi dan misi dan itu harus masuk dan dituangkan dalam RPJMDes nantinya serta program lain yang sudah diatur menurut ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang ada,” ujarnya.

Hadir pada kesempatan itu, unsur pimpinan kecamatan, Kades se-Kecamatan Kampa, Sekdes yang juga Plh Kades sebelumnya, H Nasrul, pimpinan perusahaan di Desa Pulau Birandang, Pendamping Desa, BPD, LPM, para Kepala sekolah, alim ulama, cerdik pandai, Kadus, RT/ RW, PKK dan undangan lainnya.***

 

Pewarta: Edi Gustien

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan