Minggu , 12 Juli 2020
Home » Spesial Riau » Antisipasi PSBB, Pemprov Riau bangun pos pemantauan di perbatasan tiga provinsi

Antisipasi PSBB, Pemprov Riau bangun pos pemantauan di perbatasan tiga provinsi

Gubernur Riau Syamsuar.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Hingga kini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau masih lakukan kajian melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terkait upaya mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

Meski demikian, Pemprov sudah membangun pos pemantauan di perbatasan Sumatera Barat dengan Kabupaten Kampar, dan sedang mempersiapkan pendirian posko pemantauan lalulintas di sejumlah titik perbatasan lainnya dengan provinsi tetangga, yakni dengan Sumatera Utara dan Jambi.

“Untuk PSBB kita belum melangkah ke sana. Tetapi tetap mengikuti perkembangan, bersama gugus tugas, termasuk mengadakan rapat bersama bupati wallikota di Riau dalam waktu dekat,” kata Gubernur Riau (Gubri) H Syamsuar, Selasa (7/4/2020), dilansir Media Center Riau.

Diantara alasan Gubri masih perlu mempertimbangkan PSBB, karena masih adanya arus kepulangan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) terutama asal Riau. Masalah ini pula yang akan segera disampaikan ke Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dalam waktu dekat melalui video conference.

“Selagi ada TKI berdatangan, sulit kita melaksanakan PSBB. Saya inginnya masalah TKI ini, dipulangkan aja dalam jumlah besar, setelah itu, barulah kita bisa laksanakan PSBB,” ungkap Gubri.

Meski begitu, orang nomor satu ini menyatakan sudah mengantisipasi akan mendirikan pos pemantauan lalu lintas orang yang keluar masuk perbatasan Riau.

Ada pun sejumlah rencana pendirian pos pemantauan di sejumlah perbatasan antar provinsi tersebut, yakni perbatasan Rokan Hulu-Pasaman, Sumbar. Kampar-Limapuluh, Sumbar.

Kemudian Kuantan Singingi-Kiliranjao, Sumbar. Perbatasan Indragiri Hilir-Jambi di Selensen. Rokan Hulu di perbatasan dengan Padang Lawas, Sumut. Rokan Hilir di perbatasan Labuhan Batu, Sumut, di Bagan Batu. ***

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan