Sabtu, 20 April 2024

Berseteru dengan para gubernur, Presiden Amerika Donald Trump dukung aksi demonstrasi tolak lockdown

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Sejumlah warga di Amerika Serikat melakukan aksi demonstrasi menolak kebijakan lockdown oleh negra bagian. (Foto: BDNews.com)

Washington (Riaunews.com) – Presiden Amerika Serikat Donald Trump berseteru dengan para gubernur sejumlah negara bagian yang menerapkan lockdown guna mengatasi pandemi virus corona.

Lewat akun media Twitternya, Trump mendukung aksi demonstrasi sejumlah warga AS memprotes berbagai pembatasan yang diterapkan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 ini.

“Bebaskan Michigan, Minnesota dan Virginia,” demikian cuitan Trump menanggapi aksi-aksi demo menolak perintah untuk di rumah saja, yang diterapkan di tiga negara bagian itu.

Sejumlah gubernur negara bagian mengecam keras Trump atas dukungannya tersebut.

“Presiden kita, jelas, tak bisa memenuhi alat tes (Corona). Sekarang dia memilih fokus ke aksi-aksi protes,” cetus Gubernur Virginia, Ralph Northam yang membantah klaim pemerintahan Trump bahwa negara tersebut memiliki alat tes Corona yang cukup.

Gubernur negara bagian Washington, Jay Inslee, bahkan lebih keras menyerang Trump.

“Memiliki seorang presiden Amerika yang mendorong orang-orang untuk melanggar hukum… itu berbahaya,” cetus Inslee dari partai Demokrat, seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (20/4/2020).

Bahkan Gubernur Maryland, Larry Hogan dari Partai Republik, juga mengkritik Trump soal dukungannya pada aksi-aksi demo. “Mendorong masyarakat untuk memprotes…. itu benar-benar tak masuk akal,” cetus Hogan kepada CNN.

Dalam beberapa hari ini di sejumlah kota AS, marak aksi-aksi demo menentang kebijakan lockdown. Dalam aksi demo tersebut, sebagian demonstran bahkan membawa senjata api dan terang-terangan menunjukkannya ke publik.

AS sejauh ini telah mencatat setidaknya 735 ribu kasus Corona — angka tertinggi di dunia — dan mencatat 40 ribu kematian terkait COVID-19.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *