Selasa , 7 Juli 2020
Home » Nasional » Dicecar Komisi III masuknya 39 TKA China ke Bintan, Yasonna: Permenkumham belum berlaku saat itu

Dicecar Komisi III masuknya 39 TKA China ke Bintan, Yasonna: Permenkumham belum berlaku saat itu

Menkumham Yasonna Laoly.

Jakarta (Riaunews.com) – Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dicecar Komisi III DPR RI terkait melenggangnya 39 TKA China ke Bintan, Kepulauan Riau pada Selasa (31/3/2020).

Dengan entengnya Yasonna beralasan Permenkumham 11/2020 tentang pelarangan keluar-masuk orang asing belum berlaku saat TKA China tersebut masuk ke Bintan.

“Jadi ini Permenkumham (Nomor) 11 baru berlaku malam ini 00.00 WIB. Jadi yang terjadi kemarin itu masih sesuai dengan Permenkumham (Nomor) 8,” kata Yasonna Laoly.

Saat rapat kerja yang berlangsung melalui teleconverence pada Rabu (1/4/2020) siang tadi, Komisi III DPR RI merasa heran dengan ketegasan Kemenkumham yang kembali kecolongan lantaran ada 39 TKA China

Padahal, Kemenkumham telah mengklaim melarang orang asing masuk Indonesia dengan Permenkumham Nomor 11/2020. Belum lagi, Menko Maritim dan Investasi yang saat ini menjadi Plh Menteri Perhubungan, Luhut Binsar Panjaitan telah memastikan tidak ada lagi WNA masuk Indonesia.

“Ini terkait (WNA) yang masuk di Bintan, kok masih ada? TKA masuk lewat laut. Saya minta penjelasan seperti apa, mereka lewat pelabuhan-pelabuhan ini. Sementara kalau kita lihat Pak Menko yang sekarang ex officio juga sebagai Menhub (Luhut Binsar Panjaitan) beliau menyatakan tidak ada lagi tenaga asing yang masuk Indonesia. Itu rilis hari kemarin,” kata Anggota Komisi III DPR RI Cucun Ahmad Syamsurijal.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Tanjungpinang Agus Jamaludin membenarkan kedatangan 39 TKA asal China ke Bintan, Kepulauan Riau. Puluhan TKA itu diketahui tiba melalui Pelabuhan Bulang Linggi Tanjunguban.

“Benar, hari ini ada sekitar 39 TKA asal China masuk ke Kabupaten Bintan,” kata Agus Jamaludindi Bintan, Kepulauan Riau, Selasa (31/3).***

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan