Minggu , 12 Juli 2020
Home » Bisnis » Dukung PSBB, Grab dan Gojek hapus layanan ojol untuk sementara di Jabodetabek

Dukung PSBB, Grab dan Gojek hapus layanan ojol untuk sementara di Jabodetabek


Jakarta (Riaunews.com) – Gojek dan Grab sepakat untuk menghapus sementara layanan ojek online (ojol) dari platform mereka. Hal ini berkaitan dengan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta yang dimulai Jumat hari ini, 10 April 2020, karena wabah Virus Corona. Namun tenang saja, Gojek dan Grab menyediakan layanan alternatif. Apa itu?

“Kami mematuhi keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta soal penerapan PSBB. Kami berharap langkah ini dapat mencegah penyebaran COVID-19,” kata Chief of Corporate Affairs Gojek, Nila Marita, Jumat (10/4/2020), dilansir Viva.

Jangka waktu penerapan PSBB dilakukan selama dua minggu, atau dimulai pada 10 hingga 23 April mendatang. Oleh karena Gojek menghentikan sementara layanan GoRide di wilayah Jabodetabek, maka mereka menyediakan layanan transportasi roda empat, yakni GoCar dan GoBlueBird.

Nila menjelaskan kedua layanan transportasi tersebut maksimal membawa dua penumpang agar physical distancing atau jaga jarak fisik bisa tetap terjaga. Sementara itu, Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi, juga menyediakan layanan GrabCar untuk melayani masyarakat ibu kota.

“Kami memang telah menonaktifkan sementara layanan GrabBike di DKI Jakarta untuk mendukung PSBB. Karena ini penting untuk mengecilkan penyebaran pandemi Corona,” ungkap Neneng.

Selain itu, ia mengaku menyediakan 1.000 armada khusus GrabCar yang dilengkapi dengan partisi plastik antara kursi pengemudi (driver) dan penumpang.

Selain kendaraan roda empat atau mobil, Baik Gojek maupun Grab, tetap mengoperasikan layanan pesan antar makanan dan barang, hingga keperluan medis. Nila menyebut GoFood, GoMed, GoSend, GoMart, GoShop sampai GoBox, masih mengaspal di jalanan ibu kota.

Begitu pula untuk layanan Grab yang masih bisa digunakan konsumen adalah antar makanan GrabFood, pengantaran barang GrabExpress, layanan belanja GrabMart, serta GrabFresh.

Seperti diketahui, fitur memesan ojek online, baik GrabBike maupun GoRide, sejak Jumat pagi sudah tidak dapat diakses di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Fitur GrabBike masih ditemukan di aplikasi Grab, namun, ketika memesan, muncul ikon mobil.

Pengguna pun diarahkan untuk memesan berbagai layanan yang ada di GrabCar, meski pun sudah mengklik GrabBike sejak awal. Sementara untuk Gojek, ikon GoRide sudah tidak ada di aplikasi, meski pun sudah mengklik “more” untuk melihat layanan lain yang ditawarkan.***

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan