Rabu , 15 Juli 2020
Home » Nasional » Fadli Zon: Episentrum Covid-19 di Jawa, kok rumah sakitnya di Pulau Galang

Fadli Zon: Episentrum Covid-19 di Jawa, kok rumah sakitnya di Pulau Galang

Bangunan tua bekas penampungan pengungsi Vietnam di Pulau Galang, Kepri, disulap pemerintah menjadi RS penanganan virus corona. (Foto: Tribunnews)

Jakarta (Riaunews.com) – Anggota DPR RI Fadli Zon mengkritisi kebijakan pemerintah yang membangun rumah sakit (RS) penanganan virus Corona (COVID-19) di Pulau Galang, sebuah pulau yang merupakan rangkaian dari Barelang (Batam-Rempang-Galang) di Provinsi Kepualauan Riau.

Menurut Fadli Zon, pusat penyebaran virus corona saat ini adalah di Jakarta dan di Pulau Jawa, sementara Pulau Galang letaknya cukup jauh.

“Episentrumnya di Jakarta n Jawa, rumah sakitnya di Pulau Galang, Di Batam. Bagaimana cara pasien ke Pulau Galang? Knp nggak bangun RS di pulau reklamasi Jakarta? Lebih terjangkau n aman terisolasi?” kata Fadli melalui akun Twitternya @fadlizon, Rabu (1/4/2020).

Dilansir Detikcom, Presiden Joko Widodo saat ini sedang mengadakan kunjungan kerja di Pulau Galang.

Jokowi tiba di lokasi pukul 12.45 WIB didampingi Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Jokowi, yang menggunakan helm proyek dan masker, mendengarkan pemaparan terkait proyek RS. Jokowi juga akan meninjau beberapa unit bangunan di proyek.

Secara rinci, lokasi yang dipilih untuk pembangunan fasilitas RS ini berada pada wilayah eks pengungsi Vietnam. Lalu, ada area pengembangan yang berjarak 60 km dari Bandara Hang Nadim dan 56 km dari Kota Batam dengan memanfaatkan lahan seluas 20 hektare dari total luas area 80 hektare.

Rencananya, fasilitas ini memiliki kapasitas tampung sebanyak 1.000 tempat tidur untuk fasilitas penampungan, karantina, dan observasi terhadap penyakit yang disebabkan virus Corona COVID-19. Pada Tahap I dibangun fasilitas dengan daya tampung 360 tempat tidur dan Tahap II sebanyak 640 tempat tidur.***

User Rating: Be the first one !
Lazada

Tinggalkan Balasan