Senin , 10 Agustus 2020
Home » Entertainment » Ada pidato aliran sesat di lagu baru Suga BTS, Big Hit minta maaf

Ada pidato aliran sesat di lagu baru Suga BTS, Big Hit minta maaf

Suga BTS

Seoul (Riaunews.com) – Salah satu lagu Suga BTS di mixtape D-2 menuai kontroversi. Lagu yang bertajuk, ‘What Do You Think?’ menyisipkan suara yang ternyata merupakan kutipan khotbah Jim Jones, pemimpin aliran sesat yang mengajak massa untuk bunuh diri.

Terkait hal ini Big Hit Entertainment, pada Ahad (31/5/2020) telah mengeluarkan pernyataan resmi.

Dilansir dari Soompi.com begini pernyataan agensi yang menaungi Suga itu.

Baca: Cerita lucu di balik MV “Daechwita”, Suga BTS memohon agar Jin dan Jungkook ikut

“Halo, ini adalah Big Hit Entertainment. Ini adalah pernyataan resmi kami tentang masalah mixtape BTS Suga.

Sampel vokal pidato dalam pengantar lagu “What Do You Think?” pada mixtape dipilih tanpa maksud khusus oleh produser yang bekerja di trek, yang tidak mengetahui identitas pembicara dan menggunakan sampel untuk suasana keseluruhan lagu.

Setelah sampel pidato dipilih, perusahaan mengikuti proses internal kami dan melakukan prosedur untuk meninjau kesesuaian konten. Namun, dalam proses pemilihan dan peninjauan, kami melakukan kesalahan karena tidak mengenali ketidaktepatan konten dan termasuk sampel dalam lagu.

Big Hit Entertainment memiliki proses untuk meninjau konten beragam yang ditargetkan untuk audiens global untuk masalah sosial, budaya, dan historis yang potensial.

Namun, kami mengalami kenyataan bahwa ada batasan untuk memahami dan merespons dengan tepat untuk setiap situasi. Dalam hal ini, kami tidak dapat mengenali masalah sebelumnya dan menunjukkan kurangnya pemahaman tentang masalah historis dan sosial yang relevan. Kami mohon maaf kepada mereka yang merasa tidak nyaman atau terluka karena ini.

Big Hit Entertainment telah menghapus bagian dari lagu tersebut dan merilis ulang versi baru.

Seniman itu juga merasa malu dan sangat bertanggung jawab atas masalah yang muncul di bidang yang tidak ia pertimbangkan.

Big Hit Entertainment akan menggunakan kejadian ini sebagai pelajaran untuk melakukan proses produksinya secara lebih menyeluruh”.

Melansir Tribunnews, sebelumnya salah satu lagu Suga BTS di mixtape D-2 tengah menjadi perbincangan di kalangan warganet.

Baca: Jimin BTS jadi idol KPop terpopuler bulan Mei

Pasalnya, lagu penyanyi yang bernama asli Min Yoon-gi bertajuk, ‘What Do You Think?’ ini menyisipkan suara seorang pria berbahasa Inggris di bagian awal.

Suara tersebut ternyata merupakan kutipan khotbah Jim Jones, pemimpin aliran sesat yang mengajak massa untuk bunuh diri.

Mengutip Koreaboo, Sabtu (30/5/2020), aliran sesat Jim Jones itu telah memakan 909 korban.

Parahnya, 304 korban yang meninggal adalah anak-anak.

Bukan cuman itu, Jim Jones juga sering menyebarkan propaganda Korea Utara kepada pengikutnya.

Khotbah Jim Jones yang diambil oleh Suga berasal dari pidato tahun 1977 di Jonestown, sebuah pemukiman terpencil.

Baca: BTS terpilih jadi Grup Musik Favorit di Nickelodeon Kid’s Choice Awards

“Meskipun kamu sudah mati, namun kamu akan hidup, dan ia yang hidup dan percaya tidak akan pernah mati,” bunyi pidato yang dicukil Suga.

Mendengar itu, banyak netizen internasional kecewa karena Suga menggunakan khotbah dari tokoh kontroversial.***

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan