Izin tinggal habis, 150 TKA asal China di Jember dipulangkan

150 TKA China di Jember dipulangkan karena masa izin tinggal habis. (Foto: Detikcom)

Jember (Riaunews.com) – Sebanyak 150 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal China yang bekerja di Jember dipulangkan melalui Bandara Banyuwangi. Mereka dipulangkan karena izin tinggalnya telah habis.

“Ya karena izin tinggalnya sebagian besar sudah habis. Tapi ada juga yang belum habis tapi memang ingin kembali ke negaranya,” kata Kepala Imigrasi Jember Kartana saat dihubungi, Senin (25/5/2020).

Baca: Soal 500 TKA China, Jokowi: Tunggu situasi normal dan aman

Melansir Detikcom, ratusan TKA asal China ini sebelumnya bekerja di PT Sinoma Engineering, Jember. Perusahaan itu memiliki pabrik yang berlokasi di Kecamatan Puger dan bergerak dalam bidang produksi semen.

“Sebenarnya izin tinggal TKA ini sudah habis cukup lama. Tapi mereka mau pulang nggak bisa, karena penerbangan ke China tutup akibat wabah Corona,” jelas Kartana.

“Nah, setelah penerbangan ke China dibuka kembali, akhirnya mereka berangkat. Bahkan ada yang izin tinggalnya belum habis tapi ikut karena ingin pulang. Selama ini mereka menunggu di tempat kerjanya,” sambung Kartana.

Baca: Abaikan penolakan daerah, Luhut sebut 500 TKA China akan masuk Sultra mulai Juni

Meski izin tinggal habis dan sempat tetap berada di Jember, TKA asal China ini tak dikenai denda. Hal itu merujuk keputusan pemerintah karena adanya wabah Corona.

“Nggak kena denda, memang ada kompensasi karena wabah Corona ini,” tandas Kartana.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: