Selasa , 4 Agustus 2020
Home » Pendidikan » Kesempatan siswa SMA/SMK Riau mendapatkan beasiswa S1 dari Universitas Pertahanan

Kesempatan siswa SMA/SMK Riau mendapatkan beasiswa S1 dari Universitas Pertahanan

Universitas Pertahanan.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Kementerian Pertahanan, masih membuka pendaftaran Universitas Pertahanan (Unhan) untuk calon mahasiswa baru jenjang S1, tahun ajaran 2020/2021. Pendaftaran ini terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia, melalui surat yang disampaikan oleh Dinas Pendidikan Provinsi.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kaharuddin, mengatakan, bahwa pihkanya sudah menyurati Kabupaten Kota, untuk disampaikan kepada pelajar yang telah lulus SMA/SMK, untuk ikut mendaftar di Unhas. Karena Unhas ini dibiayai oleh Negara, dan selama masa kuliah gratis dan ditanggung oleh negara.

“Menindaklanjuti surat dari Kemenhan dan Kemendikbud, nomor B/862/IV/2020, perihal penawaran beasiswa S1 di Universitas Pertahanan. Dan Surat undanganbya sudah kita sampaikan ke Kabupaten Kota, masyarakat Riau bisa memanfaatkan kesempatan ini,” ujar Kaharuddin, Ahad (10/5/2020).

“Unhan kembali membuka program beasiswa sarjana S1, bagi pelajar yang akan melanjutkan kuliah. Bagi yang berminat dipersilahkan untuk mendaftar, program yang dibuka mulai dari Fakultas Kedokteran Militer, Fakultas MIPA Militer, Fakultas Farmasi Militer, dan Fakultas Teknik Militer,” ujar Kaharuddin lagi.

Dijelaskan Kaharuddin, dari surat edaran yang diterimanya dan telah disampaikan ke Kabupaten Kota, pendaftaraan telah mulai dibuka tanggal 1 Mei lalu hingga 17 Mei. Dan masih ada waktu bagi pelajar Riau, untuk bersaing masuk dalam Unhas, melalui tahap seleksi. Berikut tahapan pendaftaran dan seleksinya.

Pendaftaran online: 1- 17 Mei 2020, selanjutnya menjalani tes Potensi Skolastik (TPS), Tes Kemampuan Akademik (TKA) Saintek, TOEFL dan Tes Psikologi, 3-5 Juni 2020. Tes kesehatan dan wawancara, 10 -12 Juni 2020. Pengumuman kelulusan, 16 Juni 2020. Daftar ulang pengiriman dokumen administrasi, 27 Juni 2020. Gladi pembukaan pendidikan, 6 Agustus 2020.

Pembukaan pendidikan: 8 Agustus 2020. Matrikulasi dan pendidikan bela negara, 18 Agustus – 10 September 2020. Awal perkuliahan, 14 September 2020. Dan

jadwal sewaktu-waktu dapat berubah disesuaikan dengan perkembangan situasi yang ada. Panitia berhak merubah jadwal. Informasi beasiswa dan pendaftaran dapat dilihat melalui https://penerimaan.idu.ac.id.

“Jadi informasi yang kami terima, Unhan ini merupakan unsur strategis pembangunan pertahanan negara. Terutama untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia di bisang Enginering, dokter ahli, ahli IT, serta ahli Matematika, Kimia, dan Biologia. Bagi pajar yang betul-betul berminat bisa memanfaatkan program kuliah yang dibiayai negara ini, silahkan segera mendaftar,” imbau Kaharuddin.

Berikut jumlah mahasiswa yang bakal diterima di Unhas, program S1 untuk 300 mahasiswa, penerimaan mahasiswa Fakultas Kedokteran 50 orang, fakultas farmasi militer 25 orang. Penerimaan mahasiswa untuk Fakultas Teknik militer, teknik informatika 50 orang, teknik elektro 25 orang, teknis mesin 25 orang, teknik bangunan militer 25 orang. Penerimaan mahasiswa untuk Fakultas MIPA, prodi matematika 25 orang, prodi Biologi 25 orang, prodi Kimia 25 orang, prodi Fisikia 25 orang.***

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan