Sabtu , 11 Juli 2020
Home » Spesial Riau » Kampar » Mahasiswa Kukerta Unri bantu mencegah penyebaran Covid-19 di Desa Tarai Bangun

Mahasiswa Kukerta Unri bantu mencegah penyebaran Covid-19 di Desa Tarai Bangun

Mahasiswa Kukerta Unri yang tergabung dalam Tim Relawan Covid-19 di Desa Tarai Bangun, Kecamatan Tambang, Kampar. (Foto: istimewa)

Kampar (Riaunews.com) – Universitas Riau turut andil dalam membantu memutus rantai pandemi Covid-19, yaitu dengan melakukan kegiatan pengabdian Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Relawan Desa Lawan Covid-19.

Tim Mahasiswa Kukerta Relawan Covid-19 di Desa Tarai Bangun, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, melakukan berbagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat, yang didampingi dosen pembimbing lapangan dari LPPM UNRI Dr Nurul Qomar, S.Hut, MP, berlangsung sejak 20 April 2020.

Baca: Mahasiswa Kukerta Unri buat dan bagikan jamu empon-empon ke warga Desa Batu Langkah Besar

Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah memberikan edukasi mengenai Covid-19 melalui penyebaran brosur, mendata penduduk yang rentan sakit, menginput data warga terdampak Covid-19 yang layak menerima BLT, dan menyediakan tempat pencucian tangan di Kantor Desa.

Kegiatan menyebarkan brosur mengenai pencegahan Covid-19 dilakukan di Pasar Minggu Desa Tarai bangun dan didampingi oleh Satgas Desa atau ketua RT setempat.

Brosur tersebut berisikan informasi tentang Covid-19, bagaimana cara mencegahnya, dan langkah-langkah mencuci tangan pakai sabun yang benar.

Baca: Tanggap Covid-19, Kukerta Mahasiswa Unri di Desa Alam Panjang lakukan sejumlah kegiatan sosial

“Kami menyambut baik kegiatan ini. Mari bekerja sama memutus mata rantai penularan Covid-19 untuk Indonesia Sehat,” kata Andra Maistar, S.Sos selaku Kepala Desa Tarai Bangun.

Mahasiswa Kukerta juga ikut mendata penduduk yang rentan sakit di RT 02. Kegiatan ini disambut baik oleh Ketua RT yang ikut mendampingi.

“Ya, kegiatan ini tentunya dapat membantu pekerjaan dari perangkat desa. Data tersebut nantinya dapat digunakan untuk menentukan layak atau tidaknya warga tersebut menerima BLT-DD,” ujar Ketua RT 02, Yasri.

Hasil dari kegiatan tersebut telah terdata sebanyak 189 KK yang layak menerima bantuan langsung tunai (BLT).

“BLT tersebut telah sampai kepada warga pada Ahad, 17 Mei 2020 (Tahap I) dan Kamis, 21 Mei 2020 (Tahap II) di Kantor Desa Tarai bangun,” kata Sulastri Megawati, perwakilan dari mahasiswa Kukerta.

Baca: Tim Kukerta UNRI bantu kegiatan penerimaan BLT di Desa Pandau Jaya

Dijelaskan juga, saat pembagian BLT, tim Kukerta turut menyediakan tempat mencuci tangan di Kantor Desa Tarai Bangun, sesaui dengan protokol yang telah ditetapkan.***

User Rating: 3.55 ( 2 votes)

Tinggalkan Balasan