Jumat, 19 April 2024

Masjidil Haram dan Masjid Nabawi dilengkapi bilik disinfektan canggih

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Bilik disinfektan di Masjidil Haram, Makkah. (Foto: Middle East Monitor)

Makkah (Riaunews.com) – Pemerintah Arab Saudi memasang bilik disinfektan di Masjid Nabawi di Madinah dan Masjidil Haram, Mekah. Bilik disinfektan itu diuji coba pada Kamis (7/5/2020).

Bilik disinfektan di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram ini berbentuk seperti lorong sepanjang sekitar 1 meter dan lebar 2 meter. Siapapun yang hendak masuk ke masjid harus melalui bilik tersebut dan diam di dalam sekitar 2 sampai 3 detik.

Mengutip laporan situs Khaleej Times, bilik disinfektan ini dilengkapi kamera thermal yang mampu mendeteksi suhu tubuh pengunjung dari jarak 6 meter. Suhu tubuh orang yang terekam kamera langsung muncul di layar pengawas yang dipantau oleh petugas.

Ketika masuk ke dalam bilik disinfektan ini, pengunjung berdiam sejenak hingga terasa ada zat yang disemprotkan ke permukaan pakaian. Jika keberadaan bilik disinfektan ini dianggap efektif mencegah penyebaran virus corona, bukan tak mungkin Pemerintah Arab Saudi bakal segera membuka kembali dua masjid suci untuk masyarakat.

Sejak wabah corona merebak, Pemerintah Arab Saudi menutup kegiatan salat berjamaah di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Hingga bulan Ramadan tiba, masyarakat tetap diimbau untuk beribadah di rumah.

Dilansir Tempo, hingga Kamis (7/5), infeksi Covid-19 di Arab Saudi mencapai 33.731 kasus dan 219 orang dinyatakan meninggal karena virus corona.

Pemerintah Arab Saudi masih menggencarkan patroli untuk membubarkan kerumunan lebih dari lima orang. Meski begitu, pusat perbelanjaan dan pertokoan di sana sudah dibuka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *