Jumat , 5 Juni 2020
Home » Internasional » Pakistan International Airlines jatuh di Karachi, 107 penumpang tewas

Pakistan International Airlines jatuh di Karachi, 107 penumpang tewas

Pesawat milik maskpai Pakistan International Airlines jatuh di Kota Karachi, Pakistan.

Karachi (Riaunews.com) – Pesawat Pakistan International Airlines (PIA) tipe Airbus A320 dengan isi 99 penumpang dan 8 awak kapal jatuh di Karachi, Pakistan. Kementerian Pakistan mengungkap penerbangan dengan nomor PK8303 lepas landas dari Lahore dan dijadwalkan mendarat 02.30 waktu setempat di Karachi.

Dikutip dari CNN, juru bicara PIA Abdullah Khan mengungkap pesawat tersebut hilang dari radar dan prosesdur tanggap darurat telah diaktifkan. Insiden ini terjadi di tengah Pakistan yang mulai membuka penerbangan domestik di tengah pandemi corona.

Baca: Pesawat pengangkut sembako tujuan Tolikara jatuh di Danau Sentani, Pilot tewas

Gambar yang ditayangkan di tv nasional Pakistan menunjukkan, penerbangan PIA jatuh di area permukiman. Asap hitam tebal mengepul dari lokasi jatuhnya pesawat.

“Pesawat itu jatuh di Karachi. Kami berusaha mengonfirmasi jumlah penumpang, awalnya 99 penumpang dan 8 awak,” kata Abdul Sattar Khokhar, juru bicara otoritas penerbangan Pakistan, seraya menambahkan bahwa penerbangan itu berangkat dari Lahore.

Militer Pakistan kemudian menulis tweet bahwa pasukan keamanan telah dikerahkan ke lokasi kejadian, dan helikopter digunakan untuk mensurvei kerusakan serta membantu operasi penyelamatan.

Baca: Pesawat siluman Su-57 Rusia masuki sejumlah pangkalan militer AS tanpa terdeteksi

Kecelakaan ini terjadi hanya beberapa hari setelah Pakistan mengizinkan penerbangan komersial dilanjutkan lagi, setelah ditangguhkan selama lockdown virus corona.

Pakistan memiliki catatan keselamatan penerbangan militer dan sipil yang tergolong buruk, dengan seringnya terjadi kecelakaan pesawat dan helikopter selama bertahun-tahun.

Pada 2016, sebuah pesawat dari maskapai yang sama terbakar setelah salah satu dari dua mesin turbopropnya malfungsi saat terbang dari utara ke Islamabad.

Baca: Gubernur larang pesawat dan bus keluar-masuk Riau selama PSBB

Kepala maskapai tersebut mengundurkan diri pada akhir 2016, kurang dari seminggu setelah jatuhnya pesawat ATR-42 yang menewaskan 47 orang itu.

Hingga saat ini, perwakilan CAA belum mengkonfirmasi jumlah korban dan mengatakan otoritas sedang menunggu informasi lebih lanjut.***

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan