Reaktif terhadap rapid tes, 34 tenaga medis dan pegawai UPT Puskesmas Bengkalis akan jalani tes Swab

Puskesmas Bengkalis.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Sebanyak 34 tenaga medis dan pegawai di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Lubuk Muda, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, rencananya akan menjalani tes swab setelah hasil rapid test reaktif positif.

Penjelasan dari Kepala Dinas Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, tes swab terhadap 34 tenaga medis dan pegawai Puskesmas tersebut perlu dilakukan guna memastikan apakah mereka positif atau negatif Covid-19.

“Sekarangkan semuanya sudah diisolasi oleh Dinasnya. Tentu perlu dilakukan tes swab terhadap mereka, agar nanti kita bisa mentracingnya. Jika ada yang positif langsung dirawat segera. Untuk swabnya hari ini dan segera dikirim ke laboratorium RSUD Arifin Ahmad,” jelas Mimi, Kamis (14/5/2020).

Dipaparkan Mimi, kasus ini terjadi setelah pihak Puskesmas merawat salah satu pasien positif hasil tracing atau klaster santri dari Magetan, Jawa Timur, dan kontak dengan petugas di Puskesmas.

“Sedangkan bagi masyarakat yang kontak dengan petugas tersebut, masih menunggu hasil swab. Jika nantinya ada yang positif, barulah dilakukan tracing,” jelas Mimi lagi.

Mimi juga menjelaskan bahwa Dinas Kesehatan Bengkalis tidak menutup Puskemas, tapi operasionalnya dialihkan ke Puskemas terdekat. Sehingga masyarakat masih tetap bisa berobat di Puskesmas.

“Puskemas bukan ditutup, tapi operasionalnya dialihkan ke terdekat. Tapi untuk pelayanan masih jalan, kalau ada yang urgen atau melahirkan masih buka. Jadi masyarakat masih bisa ke puskesmas yang terdekat,” katanya.***

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: