Rabu , Oktober 27 2021

Satu orang diamankan, Youtuber Ferdian Paleka diburu polisi terkait prank ‘sembako isi sampah’

Youtuber Ferdian Paleka sedang diburu aparat kepolisian.

Jakarta (Riaunews.com) – Pihak kepolisian memburu orang yang diduga terlibat dalam pembuatan video prank bantuan sembako palsu berisi sampah dan batu kepada transgender. Sejauh ini sudah ada satu orang yang diamankan.

Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Galih Indragiri mengatakan hal itu merupakan tindak lanjut dari laporan yang diterima dari transgender, Senin (4/5/2020) dini hari.

“Dari viralnya itu kita cek TKP, jadi tim kami dari Satreskrim Polrestabes Bandung dan Polsek Kiara Condong melakukan penyelidikan terlepas dari laporan yang dilaporkan,” kata dia, Senin (4/5/2020).

“Kita melakukan penyelidikan terkait para pelakunya dan alhamdulilah sudah kita amankan satu orang inisialnya T. Dan kita berupaya (mengamankan) pelaku lainnya. (Dijerat) pasal 45 ayat 3 UUITE,” ia melanjutkan.

Ia menjelaskan, T ada terlihat dalam video bersama Ferdian Paleka yang diduga menjadi otak dari konten video tersebut. Meski begitu, semua pemeriksaan tetap menjunjung azas praduga tak bersalah.

“Iya kita dalami lah nanti apakah itu memang timnya (Ferdian Paleka) atau tidak, yang pasti T ini ada di video,” imbuhnya.

“Kita tetap menjunjung tinggi azas praduga tak bersalah yang akan kita lihat nanti dari substansi pasal-pasal yang ada seperti apa dari masing-masing setiap individu tersebut,” ucap dia lagi.

Ferdian Paleka Diminta Serahkan Diri

Dikutip dari laman Merdeka, Galih mengaku sudah mencari keberadaan dari Ferdian Paleka hingga mendatangi rumahnya. Namun ia tidak ada ditempat. Pihak kepolisian meminta yang bersangkutan kooperatif dan segera menyerahkan diri.

“Memang yang bersangkutan tak ada di situ. Jadi ya kita tetap berupaya, tapi kita sarankan untuk kooperatif dan menyerahkan diri,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Youtuber bernama Ferdian Paleka bersama sejumlah temannya diduga membagikan ‘paket sembako’ kepada dua waria di sudut jalan kota Bandung.

Namun, diketahui paket sembako tersebut hanya berisi sampah dan batu. Video itu diunggah Ferdian bertajuk ‘Prank Kasih Makanan Ke Banci CBL’ di kanal Youtubenya dan sudah ditonton puluhan ribu orang. Video prank tidak terpuji itu viral dan menjadi obrolan warganet sejak Minggu (3/5) kemarin.

Praktis, ulah Ferdian menuai caci maki. Ia dinilai tidak sensitif terhadap para waria yang terpaksa beroperasi di tengah wabah untuk menyambung hidup.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: