Minggu , Juni 20 2021

BKSDA sebut berita harimau berkeliaran di Bengkalis adalah hoaks


Pekanbaru (Riaunews.com) – Masyarakat Desa Api-api, Kecamatan Bandar Laksamana, Bengkalis dihebohkan dengan menyebarnya berita mengenai adanya Harimau Sumatera berkeliaran di desa itu. Namun telusuri ternyata berita itu adalah berita bohong alias hoaks.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kasubag Kehumasan BBKSDA Riau, Dian Indriati, Senin (22/6/2020) malam.

Baca: Harimau terkam dua anak sapi warga di Kampar

Dikatakannya memang sebelumnya pihaknya juga telah menerima adanya informasi yang menghebohkan masyarakat tersebut.

“Tim kita sudah turun ke lapangan untuk mengecek informasi tersebut. Namun berita itu tidak kita terima,” katanya.

Tidak sampai situ, kata Dian tim juga telah berkoordinasi langsung dengan Kepala Desa Api Api tersebut. Dimana diperoleh informasi bahwa berita itu hanyalah berita bohong. Untuk itu, tim meminta kepada aparat desa setempat untuk melakukan imbauan kepada warga agar tidak menyampaikan informasi yang belum diketahui kebenarannya.

“Kepala Bidang KSDA Wil. II, bapak Heru Sutmantoro menyampaikan bahwa beliau berada di Sepahat dan daerah Bukit Batu, baru saja memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait Harimau Sumatera, namun berita itu tidak beliau terima,” jelasnya.

Baca: Seekor harimau mati terjerat di area konsesi Arara Abadi

Sebelumnya santer informasi di berbagai platform media sosial tentang adanya harimau yang berkeliaran di Desa Api-api.

“Info dari MMB pakning.. bahwa perjalanan sepeda motor Dumai menuju Pakning smpai jam 6 sore ditutup dikarenakan harimau di Sepahat lagi berkeliaran di kampung2 di api2 .. jadi harap hati2 yg lagi berkendara menuju bengkalis pada malam hari .. skian info dari MMB juga pengurus XN,” demikian bunyi berita hoaks tersebut.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: