Kamis , 13 Agustus 2020
Home » Spesial Riau » Kuantan Singingi » Mahasiswa Unri bagikan masker gratis dan pengecekan suhu tubuh pada pengunjung Pasar Geringging Baru

Mahasiswa Unri bagikan masker gratis dan pengecekan suhu tubuh pada pengunjung Pasar Geringging Baru

Mahasiswa Kukerta Unri melakukan pengecekan suhu tubuh pada pedagang dan pengunjung Pasar Geringging Baru. (Foto: istimewa)

Sentajo (Riaunews.com) – Ketika Provinsi Riau memasuki masa new normal, pasien positif covid-19 di Kabupaten Kuantan Singingi bertambah 3 orang, hingga totalnya pada saat ini mencapai 4 orang dengan 1 orang telah dinyatakan sembuh.

Oleh karenanya, masyarakat terus dihimbau untuk menjaga kesehatan serta mematuhi protokol kesehatan meski memasuki masa new normal ini.

Masa new normal menjadi masa perubahan untuk mulai memasuki kegiatan kerja walaupun belum berjalan seperti biasa. Edukasi kepada masyarakat perlu ditingkatkan terutama di tempat yang ramai didatangi masyarakat, salah satunya adalah pasar.

Baca: Mahasiswa Relawan Unri Kukerta dengan menyemprot disinfektan di Kedungsari

Hal inilah yang melandasi mahasiswa Universitas Riau (Unri) yang melaksanakan kuliah kerja nyata (Kukerta) sebagai Tim Relawan Covid-19 Kecamatan Setajo Raya, untuk ikut andil dalam menamkan kesadaran pentingnya menjaga diri kepada masyarakat.

Bersama Satgas dan Relawan Covid-19 Desa Geringging Baru, Relawan Covid-19 Sentajo Raya melakukan pembagian masker gratis bagi masyarakat yang tidak mengenakan masker ketika hendak memasuki pasar Geringing baru.

Tak hanya itu, pengecekan suhu tubuh juga dilakukan oleh Tim Relawan ini. Tujuannya tak lain juga untuk memantau kondisi dari masyarakat di desa tersebut.

Alvino Jasrian selaku Ketua Tim Relawan Covid-19 Kecamatan Sentajo Raya mengatakan pihaknya masih melihat ada beberapa masyarakat yang mengabaikan atau melupakan protokol kesehatan selama masa pandemi ini.

Baca: Putus mata rantai Covid-19, Kukerta Mahasiswa Unri produksi masker dan bagikan ke warga Teluk Binjai

“Sehingga penting untuk kita saling mengingatkan kembali bagaimana prosedur kesehatan ketika berada di luar rumah terutama tempat yang sering didatangi masyarakat seperti pasar ini,” ucapnya kepada Riaunews.com, Selasa (16/6/2020) melalui pesan WA.

Tim Relawan Covid-19 Kecamatan Sentajo Raya bersama Satgas Desa juga memantau para pedagang yang berjualan di Pasar Desa Geringging Baru.

Seperti yang dikatakan oleh Tim Relawan bahwa mereka melakukan kegiatan tepat sebelum para pedagang datang ke pasar. Sehingga pemantauan dan himbauan tidak hanya kepada pengunjung, tapi juga pedagang yang memenuhi sepanjang area pasar tersebut.

Alvino menyebutkan, ketika melakukan pengecekan suhu kepada pedagang dan pengunjung pasar, tidak ada ditemui yang melebihi suhu tubuh tinggi yang berkemungkinan memiliki gejela terjangkit Covid-19.

Dengan dilakukannya kegiatan tersebut, diharapkan masyarakat tidak panik dengan peningkatan Covid-19 dan tetap mengikuti aturan penggunaan pelindung diri ketika berada di keramaian ataupun di luar rumah.***

User Rating: 0.7 ( 1 votes)

Tinggalkan Balasan