Sabtu , September 26 2020
Home / Spesial Riau / Pekanbaru / Tim Kukerta Unri ciptakan alat penggunaan hand sanitizer tanpa disentuh

Tim Kukerta Unri ciptakan alat penggunaan hand sanitizer tanpa disentuh

Tim Kukerta Relawan Desa Lawan Covid-19 Unri menyerahkan alat penggunaan hand sanitizer tanpa disentuh kepada Lurah Sidomulyo Timur. (Foto: istimewa)

Pekanbaru (Riaunews.com) – Bantu masyarakat untuk mencegah penuluaran Covid-19, Tim Kukerta Relawan Desa Lawan Covid-19 Universitas Riau (Unri) menciptakan alat untuk memakai hand sanitizer tanpa menyentuhnya dengan tangan di Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru.

“Pembuatan alat untuk memakai hand sanitizer tanpa menyentunya dengan tangan ini sangat penting agar dapat kembali mengingatkan kepada masyarakat betapa pentingnya untuk memakai hand sanitizer ketika sedang beraktivitas diluar rumah,” ujar Ressa Lini selaku anggota Tim Kukerta, kepada Riaunews.com melalui surel yang diterima redaksi, Kamis (25/6/2020).

Baca: Putus mata rantai Covid-19, relawan Unri semprot disinfektan sejumlah fasum di Labuhbaru Timur

Disebutkannya, karena tidak semua tempat kita melakukan aktivitas menyediakan tempat cuci tangan, maka menggunakan hand sanitizer dapat menjadi solusinya. Selain itu penggunaan hand sanitizer bisa menjadi salah satu solusi untuk membersihkan tangan dari kuman serta virus yang menempel.

Tim Kukerta Unri di Sidomulyo Timur yang diketuai oleh Brillian Rahadian Danuwirsya juga berharap dengan adanya alat ini dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Sementara dari sisi pelaksanaannya pembuatan alat ini tidak terlalu mengeluarkan modal yang besar dan dapat dikerjakan dirumah masing-masing.

“Alat ini akan diletakkan di pintu masuk kantor Kelurahan Sidomulyo Timur, sehingga masyarakat yang akan mendatangi kantor kelurahan dapat menggunakannya,” ucap Brillian.

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi yang tinggi dari Lurah Sidomulyo Timur, staf kelurahan, serta warga sekitar yang merasa dengan adanya alat ini dapat meningkatkan kewaspadaan serta kepercayaan diri dalam beraktifitas.

Baca: Cegah Hoaks, Tim Kukerta Relawan Unri sediakan layanan WA 24 jam tentang Covid-19

“Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas kepedulian mahasiswa yang sudah mau bergerak untuk memutus mata rantai juga pencegahan penyebaran Covid-19 di Kelurahan ini, semoga dengan alat ini kita dapat meminimalisir penyebaran mata rantai Covid-19” kata Edwar Brata Putra selaku Lurah Sidomulyo Timur.

Tim Kukerta Unri yang terlibat dalam kegiatan tersebut adalah Brillian Rahadian Danuwirsya dari Program Studi Agroteknologi, Ressa Lini dari Program Studi Akuntansi, Elvani Puteri dari Program Studi Manajemen, dan Khalifaviel Huswan dari program studi Manajemen.***

User Rating: 3.74 ( 14 votes)

Tinggalkan Balasan