Kamis , 13 Agustus 2020
Home » Spesial Riau » Kuantan Singingi » Tingkatkan kesadaran warga, mahasiswa Unri ikut razia masker di Desa Marsawa

Tingkatkan kesadaran warga, mahasiswa Unri ikut razia masker di Desa Marsawa

Mahasiswa Kukerta Unri ikut merazia warga yang tak mengenakan masker saat ke pasar desa Marsawa. (Foto: istimewa)

Teluk Kuantan (Riaunews.com) – Mahasiswa Universitas Riau yang melaksanakan kuliah kerja nyata (Kukerta) di Desa Marsawa, Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuangan Singingi, Riau, ikut berpartisipasi dalam upaya meningkatkan kesadaran warga dalam mematuhi protokol kesehatan selama masa new normal.

Para mahasiswa yang terdiri dari Lilis Astriningsih (Jurusan Ilmu Komputer) dan Dhara Rosmaita (Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan), tergabung sebagai Relawan Pencegahan Covid-19 di Desa tersebut.

Baca: Mahasiswa Relawan Unri Kukerta dengan menyemprot disinfektan di Kedungsari

Berdasarkan surat edaran Bupati lewat Disperindakop semua pengunjung pasar diwajibkan menggunakan masker serta menerapkan protokol kesehatan. Maka tim relawan Unri bersama tim relawan Desa Marsawa dan Babinsa membagikan masker serta memberikan arahan kepada pengunjung pasar, Jumat (12/06/2020).

“Kegiatan ini dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran bagi masyarakat betapa pentingnya menggunakan masker saat berada di luar rumah ketika pandemi seperti sekarang ini,” kata Lilis kepada Riaunews.com melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi, Sabtu (13/6/2020).

“Dalam menegur masyarakat yang tidak menggunakan masker kita harus secara pelan-pelan dalam memberikan arahan, karena kasus Covid-19 ini merupakan kasus yang baru, sehingga tidak semua masyarakan bisa menerima secara cepat,” ucap Rizal selaku Babinsa desa setempat.

Sementara Ridwan yang merupakan Tim Relawan Desa Marsawa menyebut razia masker kemungkinan akan dilakukan setiap Jumat di pasar desa.

Baca: Kukerta di Desa Kuapan, mahasiswa Unri bagikan jamu Wong Ocu ke masyarakat

“Kemungkinan razia masker ini akan selalu diadakan di setiap hari jumat di pasar desa marsawa selama adanya pandemi, apabila ada pengunjung yang tidak memakai masker akan ada sanksi berupa tidak bisa memasuki pasar,” kata Ridwan.***

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan