Jumat, 29 Maret 2024

Monumen Pesawat F-86 Avon Sabre bakal dipindahkan ke Lanud RSN

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
Tugu pesawat Avon Sabre dulu terletak di depan Kantor Gubernur Riau. (Foto: Wikimapia)

Pekanbaru (Riaunews.com) – Monumen pesawat F-86 Avon Sabre yang ada di halaman Gedung Juang, Jalan Sudirman Pekanbaru, bakal dipindahkan lagi ke kawasan TNI-AU Lanud Roesmin Nurjadin (RSN).

Sebelumnya, pesawat F-86 Avon Sabre ini terletak di pusat kota Pekanbaru, yakni di depan Kantor Gubernur Riau Jalan Sudirman, yang kini diganti dengan tugu zapin dengan segala kontroversinya.

Baca: TNI AU perbaiki rumah warga yang tertimpa kursi pilot pesawat

Pesawat yang dulu pernah menjadi kebanggaan TNI-AU era 70-an itu lama menjadi icon Kota Pekanbaru.

“Ya, rencananya akan dipindahkan ke dalam kawasan Lanud Roesmin Nurjadin,” kata Kapentak Lanud Rsn Letkol Muhammad Zukri, Selasa (30/6/2020).

Menurutnya, rencana pemindahan tugu pesawat F-86 Avon Sabre itu sudah disampaikan melalui surat kepada Gubernur Riau H Syamsuar. Tembusan surat itu juga disampaikan kepada Legiun Veteran Riau.

“Melalui surat kita sampaikan kepada Pemerintah Provinsi Riau yang langsung ditujukan kepada Gubernur Riau, dan ditembuskan kepada Legiun Veteran,” ungkap Zukri.

Baca: Minta maaf, KASAU berjanji akan ganti rugi rumah warga yang rusak

Pemindahan monumen pesawat F-86 Avon Sabre ke dalam kawasan Lanud Rsn, diharapkan agar nilai sejarah dari pesawat tersebut lebih dapat terjaga lagi. Sehingga dapat menjadi edukasi kepada generasi sekarang dan mendatang.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *