Rabu , September 30 2020
Home / Internasional / Perdana di zaman Turki modern, azan kembali berkumandang di Hagia Sophia

Perdana di zaman Turki modern, azan kembali berkumandang di Hagia Sophia

Situs bersejarah Hagia Sophia berusia ratusan tahun di Istanbul, Turki.

Istanbul (Riaunews.com) – Meski statusnya sebagai museum baru saja dicabut oleh Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Turki yang biasa disebut Dewan Negara, lantunan suara azan langsung berkumandang dari Hagia Sophia.

Azan tersebut menjadi yang perdana dari bangunan yang hampir satu abad ini dialihfungsikan menjadi museum, di zaman Turki modern saat ini.

Baca: Pengadilan Turki lapangkan jalan Hagia Sophia kembali menjadi Masjid

Momen ini menjadi sejarah baru dan langsung saja direkam ribuan warga yang di kawasan tersebut, untuk kemudian menyebarkannya di media sosial.

Salah satunya sebagaimana diposting oleh pemilik akun @poeticlass di Twitter, Jumat (10/7/2020).

“Azan pertama di masjid Hagia Sophia setelah Turki memutuskan untuk mengubahkan menjadi masjid kembali. Momen yang hebat,” tulisnya.

Diberitakan sebelumnya, Jumat (10/7/2020) jadi hari bersejarah untuk Turki dan dunia. Pengadilan negara tersebut memutuskan membatalkan dekrit Ataturk terhadap bangunan Hagia Sophia.

Pembatalan tersebut membuka jalan bagi Hagia Sophia untuk kembali menjadi masjid.

Baca: Meski diprotes Rusia dan Yunani, Turki mantap kembalikan Hagia Sophia jadi Masjid

Pada 1934 bangunan Hagia Sophia yang tadinya berfungsi sebagai masjid dialihkanfungsikan jadi museum oleh pemerintahan sekuler Presiden Mustafa Kemal Ataturk.

Pada tahun 2019, Presiden Recep Tayyip Erdogan menyatakan pihaknya akan mengembalikan Hagia Sophia sebagai masjid. Analis menilai bahwa pernyataan Erdogan terkait dengan upaya partainya, AKP, mencari dukungan menjelang pemilu.

Pada tahun 2020, rencana Erdogan berlanjut dengan memasukkan permohonan ke pengadilan. Hasilnya, Dewan Negara pada hari ini membatalkan dekrit Ataturk sehingga membuka jalan kembalinya Hagia Sophia menjadi masjid.***

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan