Selasa, 23 April 2024

Resahkan warga, BBKSDA pasang perangkap untuk menangkap beruang di Siak

Ikuti Riaunews.com di Google Berita
 
BBKSDA Riau resor Siak menyiapkan perangkap untuk menangkap beruang yang meresahkan warga SIak. (Foto: MCR)

Siak (Riaunews.com) – Petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau resor Siak, memasang kandang jebakan untuk menangkap beruang yang meresahkan masyarakat di Kampung Sengkemang, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak.

Kepala Sub Bag DEP dan Kehumasan, Dian Indriati dalam siaran persnya menjelaskan pemasangan jebakan ini menyusul munculnya dua satwa dilindungi bernama latin Helarctos Malayanus itu di pemukiman warga. Dimana selain berkeliaran di pemukiman, dua beruang tersebut dikabarkan telah memangsa tujuh ekor ayam milik warga.

Baca: Info harimau melintas, BBKSDA Riau pasang kamera trap di Muara Fajar

“Sebelum memasang kandang jebakan, tim di sana telah melakukan pemantauan di lokasi kemunculan terakhir Beruang itu. Yakni di belakang SMPN 1 Koto Gasib, Kampung Sengkemang,” katanya, dilansir dari Media Center Riau, Selasa (7/7/2020).

Tambah Dian, pemasangan kandang jebakan sendiri dipasang tepat di jalur kemunculan satwa dilindungi tersebut. Pemasangan jebakan ini didampingi Babinkamtibmas, Babinsa, Aparat Desa, Tokoh masyarakat dan masyarakat Kampung Sengkemang.

“Tim telah menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik, selalu berhati-hati dan menghubungi petugas jika satwa terperangkap ataupun muncul kembali di lokasi yang lain. Apabila ada laporan kemunculan beruang itu di lokasi yang berbeda, Tim akan melakukan pemindahan perangkap kerangkeng pada lokasi kemunculan terbaru,” ungkapnya.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *