Selasa , September 29 2020
Home / Spesial Riau / Riau hari ini tambah 23 kasus positif Covid-19, Jubir: Ini mengkhawatirkan

Riau hari ini tambah 23 kasus positif Covid-19, Jubir: Ini mengkhawatirkan

Petugas medis yang menangani kasus corona tampak kelelahan karena bekerja non stop akibat banyaknya pasien. (Foto: AFP)

Pekanbaru (Riaunews.com) – Jumlah penambahan kasus positif Covid-19 di Provinsi Riau makin mengkhawatirkan beberapa hari belakangan. Bahkan pada hari ini saja, Selasa (21/7/2020), kasus baru bertambah 23 kasus.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Provinsi Riau dr Indra Yovi mengatakan, dengan adanya penambahan 23 kasus baru itu, total positif Covid-19 menjadi 310 orang. Kabar baiknya, terdapat penambahan 2 pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh.

Baca: Riau belum aman dari Covid-19, hari ini ada penambahan satu pasien positif

“Bertambahnya 23 kasus hari ini, menunjukkan signifikannya peningkatan positif Covid-19 di Riau. Ini sangat mengkhawatirkan penyebaran virus Covid-19,” tegasnya.

Dari 310 kasus itu lanjutnya, sebanyak 67 pasien masih di rawat, 232 pasien dinyatakan sehat dan sudah dipulangkan. Sementara 11 orang meninggal dunia

Menurut Yovi, dari 23 kasus baru itu ada penyebaran klaster di beberapa daerah di Riau. Diantaranya, Klaster Kota Dumai sebanyak 4 kasus, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) 1 kasus, Siak sebanyak 8 kasus, Kota Pekanbaru sebanya 6 kasus, Kampar 3 kasus dan Indragiri Hilir 1 kasus.

Dikatakan Yovi, meningkatnya jumlah penyebaran virus Covid-19 ini dikarenakan semakin berkurangnya kesadaran masyarakat menerapkan protokol kesehatan. Ini diperparah, mulai dibukanya sejumlah pusat perekonomian dan kegiatan keramaian lainnya.

Baca: Kontak dengan pasien positif Covid-19, 25 penumpang Lion Air Pekanbaru-Jakarta ditracing

“Saya melihat, masyarakat semakin mengabaikan protokol kesehatan di saat new normal ini. Padahal, menggunakan masler salah satu upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19,”jelasnya.

Khusus untuk di Kabupaten Rohil, ini merupakan yang pertama kalinya daerah itu terpapar Covid-19 yakni satu pasien berinisial Tn.WS (33). Padahal sebelumnya, Rohil merupakan zona hijau dan bertahan lebih kurang selama 4 bulan tidak ada kasus Covid-19.

Sedangkan dua pasien positif yang dnyatakan sembuh yakni, Tn YB (40) yang merupakan warga Kota Pekanbaru. Kemudian, Tn. HP (26) yang merupakan warga Kota Dumai.***

Tinggalkan Balasan