Selasa , Oktober 19 2021

Tak diterima di sekolah negeri, calon siswa SMA/SMK diarahkan ke swasta

Sekretaris Disdik Riau, Ahyu Suhendra.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Dinas Pendidikan Provinsi Riau, dalam waktu dekat ini akan memanggil sekolah SMA/SMK swasta sederajat, untuk membahas penerimaan siswa yang tidak bisa masuk di SMA/SMK negri, setelah keluarnya hasil penerimaan dan pendaftaraan ulang sekolah negri.

Sekretaris Disdik Riau, Ahyu Suhendra, menjelaskan, setelah pendaftaran ulang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), SMA/SMK Negri, banyak siswa yang tidak bisa masuk ke sekolah Negri, sehingga perlu diberikan solusi agar masyarakat Riau semua bersekolah, sesuai dengan arahan Gubernur Riau.

“Memang setelah PPDB ini banyak pengaduan dan masukan kepada kita. Dan sejauh ini kita tetap mencarikan kebijakan dan strateginya. Anak-anak kita yang tidak bisa sekolah negri bisa ke sekolah swasta. Swasta kan juga mendapatkan bantuan operasional sekolah daerah (Bosda), dari Provinsi,” jelas Ahyu, Rabu (2/7/2020).

“Sesuai dengan Pergub yang telah dikeluarkan, masing-masing siswa mendapatkan Rp400 ribu yang bersekolah di swasta. Ini kan juga meringankan beban orangtua siswa, yang anaknya tidak bisa sekolah di negri,” jelasnya lagi.

Melansir Media Center Riau, Ahyu menjelaskan siswa yang tidak bisa masuk ke sekolah negri, disebabkan aturan yang berlaku, mulai dari aturan jalur zonasi, prestasi, dan perpindahan orangtua.

Untuk tingkat SMK menggunakan aturan nilai tertinggi termasuk zonasi yang tidak banyak persentasinya.***

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: