Tim Kukerta terintegrasi Unri buat Pojok UKS di SD Negeri 135 Pekanbaru

Tim Kukerta Terintegrasi Unri membuat Pojok UKS di SD Negeri 135 Pekanbaru. (Foto: istimewa)

Pekanbaru (Riaunews.com) – Upaya untuk membina dan mengembangkan kebiasaaan hidup sehat melalui program pendidikan, diperlukan adanya Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

UKS merupakan wahana untuk meningkatkan kemampuan dan membentuk perilaku hidup sehat yang ditujukan kepada sekolah-sekolah dengan anak beserta lingkungannya, dalam rangka mencapai kesehatan anak yang optimal serta meningkatkan prestasi belajar anak sekolah.

Baca: Tim Kukerta Unri semprot masjid di Tandun dengan cairan disinfektan

Sebagai salah satu bentuk pengabdian pada masyarakat tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Terintegrasi Universitas Riau (Unri), melakukan pembuatan pojok UKS di SD Negeri 135 Pekanbaru Kelurahan Melebung, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru pada Senin (13/7/2020).

“Pembuatan Pojok UKS ini dilakukan agar para siswa mengerti dan sadar bahwa kesehatan itu penting dari segalanya,” kata Ketua Tim Danisa Viandry kepada Riaunews.com melalui pesan WhatsApp yang diterima Rabu (15/7).

Dijelaskan Danisa, selain membuat Pojok UKS, tim mereka juga sebelumnya melakukan gotong royong dihalaman sekolah, pembersihan pojok UKS, melakukan pembuatan tangga, serta menyusun puzzle kesehatan untuk siswa setempat sehingga Pojok UKS tersebut layak digunakan di SD Negeri 135 Pekanbaru.

“Kami juga melakukan cek kesehatan bagi para siswa dan diberikan hasil yang berupa rapor kesehatan untuk mengetahui seberapa bagus tingkat kesehatan para siswa tersebut serta diberikan penyuluhan mengenai UKS PHBS,” tambahnya.

Baca: Mahasiswa Kukerta UNRI Kelurahan Perawang bagikan handsanitizer berbahan alami

Dan seiring saat ini masih pandemik Covid-19, Tim Kukerta Terintegrasi ini tidak lupa untuk selalu mengingatkan dan membagikan masker serta handsanitizer kepada para siswa sekolah tersebut.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, lanjut Danisa, selain dirinya juga ada Baqi Rizkinov sebagai wakil ketua, Sherina Rahma Veriany sebagai sekretaris, Nadila Rizki Ariyanto sebagai bendahara 1, Anisa Jasni Rahmawati sebagai bendahara 2, Kelly Chen, Ocha Dwi Rizky, Vini Alvia Sari, Nanda Yorian, dan Praditya Kusuma Wardani sebagai anggota.***

Tinggalkan Balasan