Kamis , 6 Agustus 2020
Home » Spesial Riau » Tol Pekanbaru-Dumai satu-satunya jalan tol di Indonesia yang miliki terowongan gajah

Tol Pekanbaru-Dumai satu-satunya jalan tol di Indonesia yang miliki terowongan gajah

Gerbang tol Pekanbaru-Dumai di Dumai. (Foto: MCR)

Dumai (Riaunews.com) – Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar mengatakan bahwa Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) adalah tol yang ramah lingkungan serta keberadaan Tol Permai tidak mengganggu habitat gajah yang melintas di kawasan tersebut.

“Keberadaan tol tidak akan mengganggu habitat gajah yang ada di Riau tentunya, karena sudah ada terowongan gajah sehingga memberi ruang untuk gajah melintasi kawasan tol permai dan ini merupakan nomor 2 di dunia, pertama di Indonesia dan itu di Riau,” kata Syamsuar saat peninjauan di Gerbang Tol Dumai, Sabtu (4/7/2020).

Baca: Presiden direncanakan meresmikan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Dilansir Media Center Riau, sebelum sampai ke gerbang Tol Dumai Gubri Syamsuar sempat menyaksikan langsung beberapa ekor gajah liar yang berkeliaran di sekitaran tol Permai.

“Jalan tol kita ini punya rasa kasih sayang terhadap satwa, tadi sempat kita saksikan tadi gajah liar di kawasan tol, saya rasa keberadaan Tol Permai tidak menggangu habitat gajah dan tentunya lingkungan dan habitat faunanya tetap terpelihara,” ujar Syamsuar.

Syamsuar juga mengatakan Tol Permai yang memberi ruang untuk habitat gajah dan fauna lainnya merupakan suatu prestasi yang dicapai oleh Pemerintah Provinsi Riau.

Dalam peninjauan jalan tol ini, Syamsuar mengajak sejumlah Forkopimda Riau, seperti Panglima Kodam I Bukit Barisan Mayjen TNI Irwansyah dan anggota DPR RI dapil Riau Syahrul Aidi.

Baca: Peresmian Jalan Tol Pekanbaru-Dumai bisa jadi kado HUT Ke-63 Riau

Pemprov berharap Presiden Joko Widodo dapat meresmikan jalan tol pertama di Riau ini.

“Kita tentunya berharap agar pak Presiden Joko Widodo langsung yang meresmikan Jalan tol Pekanbaru-Dumai ini,” ujar Gubri.***

User Rating: Be the first one !

Tinggalkan Balasan