BK DPRD Riau buka peluang panggil Indra Gunawan Eet soal dugaan pemakaian heli BNPB untuk kepentingan partai

Wakil BK DPRD Riau, Abu Khoiri.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Badan Kehormatan (BK) DPRD Riau mengatakan bakal mempelajari lebih dulu informasi viral soal Ketua DPRD Riau Indra Gunawan alias Eet yang disebut menumpangi helikopter BNPB untuk menghadiri Musda Golkar Bengkalis. BK pun terbuka soal peluang memanggil Eet untuk melakukan klarifikasi.

“Kita akan pelajari dulu, nanti kita panggil kawan-kawan di BK dulu, apakah ini layak kita panggil (minta klarifikasi Ketua DPRD Riau). Kalau layak, kita panggil untuk klarifikasi supaya jelas apa-apanya kan itu. Informasi awal ini akan kami pelajari dulu,” kata Wakil BK DPRD Riau, Abu Khoiri, saat dimintai konfirmasi, Selasa (25/8/2020).

Baca: Kali ini Indra Gunawan Eet berdalih gunakan heli BNPB ke Inhil pantau illegal logging

Politikus PKB ini mengatakan dirinya bakal mengumpulkan informasi lebih lanjut. Menurutnya, BK bakal menilai lebih dulu kabar yang beredar sebelum mengambil tindakan.

“Saya baru pulang dari daerah Rohil tadi malam. Jadi saya akan kumpulkan informasi terlebih dahulu,” kata Abu.

Sebelumnya, video heli bertuliskan BNPB ditumpangi Ketua DPRD Riau dan Ketua AMPG Riau viral. Heli itu disebut mengantar keduanya ke acara Musda Golkar di Bengkalis.

Baca: BNPB selidiki dugaan penyalahgunaan helikopter mereka oleh Ketua DPRD Riau

Dalam video itu tampak sejumlah orang berseragam Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) menunggu kedatangan heli di kawasan pantai. Sejumlah orang menggunakan atribut AMPG tampak berbaris setelah heli mendarat.

Ketua DPRD Riau yang juga menjabat Sekretaris DPD Golkar Riau Indra Gunawan alias Eet, dan Ketua AMPG Riau, Taufik Erman kemudian tampak keluar dari heli. Terdengar teriakan yel-yel ‘Hidup AMPG! Hidup Golkar!’ saat keduanya turun dari heli.

Taufik Erman saat dikonfirmasi membenarkan dirinya berada di heli tersebut bersama Eet. Dia mengaku tidak mengetahui proses mendapatkan heli BNPB tersebut. Dia membenarkan ada acara Musda Golkar di Bengkalis. Namun, acaranya berlangsung malam hari setelah mereka tiba dengan heli.

“Saya hanya diajak saja. Kalau soal itu (proses meminjam heli) saya tidak tahu. Karena saya diajak ya sudah saya ikut saja,” kata Taufik.

“Acara Musdanya malam hari,” sambung Taufik.

Baca: Syamsuar ikut bantah Eet gunakan heli BNPB untuk keperluan Golkar

Eet pun sudah buka suara. Dia membantah dirinya menggunakan heli BNPB secara khusus untuk datang ke Musda Golkar Bengkalis. Eet mengatakan dirinya naik heli tersebut sebagai Ketua DPRD untuk memantau karhutla di dapilnya.

“Surat resmi melihat kebakaran lahan di wilayah dapil saya wajarlah. Jadi saya rasa ini kalau ini memang dipelintir saya acara partai, ya itu salah. Karena waktu itu saya pergi memang murni sebagai Ketua DPRD,” kata Eet.

Gubernur Riau, Syamsuar juga membela Eet. Syamsuar juga menilai isu viral Eeet menumpangi heli BNPB ke acara Golkar adalah isu politik. Dia mengaitkan dengan Pilkada.***

 

Sumber: Detik
Editor: Ilva

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: