Sabtu , Juni 19 2021

Dinas PUPR berencana bangun drainase vertikal atasi banjir di Pekanbaru

Banjir menggenangi jalan di bawah flyover persimpangan Jalan Jenderal Sudirman-Imam Munandar, Pekanbaru saat hujan lebat.

Pekanbaru (Riaunews.com) – Guna mengatasi banjir yang kerap menggenangi beberapa wilayah di Ibu Kota Provinsi Riau, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, berencana akan membangun drainase vertikal berupa sumur resapan.

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebutkan, hal itu dilakukan guna mengantisipasi genangan air yang menyebabkan banjir di wilayah rawan banjir.

Menurutnya, drainase vertikal yang berupa sumur cincin ini diharapkan dapat mengurangi genangan saat terjadi hujan intensias sedang atau lebat di daerah rawan banjir.

“Di titik banjir itu kita tebar drainase vertikal atau kayak sumur resapan gitu. Sehingga ketika hujan turun, air nya masuk sumur resapan dulu,” terang Indra, Kamis (13/8).

Ia menilai langkah itu masuk dalam rencana kerja jangka panjang penanggulangan banjir di Kota Pekanbaru. Dengan adanya beberapa sumur resapan di lokasi rawan banjir, air lebih dulu masuk ke dalam sumur resapan baru masuk ke dalam parit.

“Jika satu sumur resapan yang dibangun dapat menampung 4 kubik air, maka kalau 10 sumur resapan yang disebar pada setiap titik banjir, itu artinya sudah 40 kubik yang bisa ditampung. Artinya daya tampung juga lebih besar,” ulasnya.

Ia katakan, saat ini masih ada 27 titik rawan banjir di Kota Pekanbaru. Saat ini Dinas PUPR Pekanbaru terus berupaya memaksimalkan penanganan permasalahan banjir dengan upaya normalisasi drainase dan anak sungai.

“Saat ini, hujan tidak hujan kita rutin lakukan pembersihan dan normalisasi drainase maupun anak sungai,” tutupnya.***

 

Editor: Ilva

 
 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: