Drama tikungan akhir MotoGP Styria, Oliveira keluar sebagai pemenang

Pebalap KTM Tech3, Miguel Oliveira, keluar sebagai pemenang MotoGP Styria 2020. (Foto: Twitter.com/@MotoGP)

Spielberg (Riaunews.com) – Balapan MotoGP Styria 2020 yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, Austria pada Ahad (23/8/2020), akhirnya dimenangkan oleh Miguel Oliveira.

Pebalap KTM Tech3 ini keluar sebagai juara setelah unggul dalam drama tikungan terakhir yang juga melibatkan Jack Miller dan Pol Espargaro.

Baca: Sama-sama di Sirkuit Red Bull Ring, ini beda MotoGP Austria dan Styria 2020

Joan Mir memulai balapan dengan impresif. Start dari posisi ketiga, pembalap Suzuki itu berada di posisi pertama di tikungan pertama unggul atas Pol Espargaro dan Jack Miller.

Pergantian posisi di depan beberapa kali terjadi antara Mir dan Miller di empat lap pertama. Mir mulai mampu mempertahankan posisi di depan pada lap keempat dan sempat unggul 0,4 detik atas Miller.

Yamaha kesulitan di awal balapan. Maverick Vinales tertahan di posisi tujuh di lap lima. Valentino Rossi turun ke posisi sepuluh meski sempat merebut start bagus ke posisi sembilan dari posisi 14. Sementara Fabio Quartararo beberapa kali melakukan kesalahan dan terpuruk ke posisi 13.

Mir, Miller dan Nakagami mulai membuka jarak dengan pembalap di belakang mereka pada lap delapan. Di titik ini jarak yang terbangun sudah mencapai 1,5 detik atas Pol di posisi keempat.

Pergantian posisi terjadi di lap-15 ketika Nakagami melewati Miller di posisi kedua. Namun, balapan dihentikan di lap-16 setelah red flag dikibarkan menyusul kecelakaan Vinales di tikungan satu.

Baca: Drama MotoGP Austria membuat Valentino Rossi trending di Twitter

Vinales diyakini mengalami masalah dengan rem memasuki tikungan satu dan memutuskan untuk melompat dari sepeda motor M1 sebelum menabrak pembatas. Di posisi ini Mir sudah unggul 2,3 detik atas Nakagami.

Saat balapan kembali dimulai, Miller berhasil mengambil alih posisi terdepan dari Mir di tikungan empat. Persaingan ketat kemudian terjadi antara Miller dengan Pol. Pol akhirnya sukses menyalip Miller di lap ke-20 disusul dengan Miguel Oliveira.

Balapan semakin menarik setelah Miller menyalip Pol. Namun, kedua pembalap melebar di tikungan terakhir dan Oliveira memanfaatkan kondisi itu untuk meraih kemenangan mengejutkan. Miller finis kedua dan Pol ketiga.

Hasil MotoGP Styria 2020
1. M. OLIVEIRA 16 menit 56,025 detik
2. J. MILLER +0.316
3. P. ESPARGARO +0.540
4. J. MIR +0.641
5. A. DOVIZIOSO +1.414
6. A. RINS +1.450
7. T. NAKAGAMI +1.864
8. B. BINDER +4.150
9. V. ROSSI +4.517
10. I. LECUONA +5.068

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Ilva

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: