HM Wardan siap bantu percepat proses pembebasan lahan untuk Jalan Tol di Inhil

Gerbang tol Pekanbaru-Dumai. (Foto: MCR)

Pekanbaru (Riaunews.com) – Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan nyatakan kesiapan membantu proses percepatan pembebasan lahan ganti rugi untuk kepentingan proyek pembangunan tol trans Sumatera di wilayahnya.

Ada dua kecamatan Inhil yang masuk dalam proyek pembangunan Tol Trans Sumatera ruas Rengat-Jambi. Dua kecamatan tersebut yakni Kecamatan Kemuning dan Keritang.

Baca: Tol Pekanbaru-Dumai satu-satunya jalan tol di Indonesia yang miliki terowongan gajah

“Tentu kita tidak hanya mendukung, tapi bagaimana percepatan pembebasan lahannya juga segera kita lakukan,” kata Bupati Inhil pada pertemuan sinergitas percepatan pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera yang digelar di Auditorium Menara Lancang Kuning, Senin (24/8/2020), dilansir Media Center Riau.

Adapun kedua kecamatan yang masuk dalam kawasan rencana pembangunan tol tersebut, yakni Kemuning enam desa. Sedangkan Keritang satu desa. Sementara luasan lahan yang diperkirakan akan terpakai sekitar 346,82 hektar.

Masih ditempat yang sama, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Yan Prana Jaya mengatakan pertemuan ini sengaja digelar untuk memastikan kesiapan dan dukungan darah terhadap rencana pembangunan proyek yang masuk dalam Tol Trans Sumatera ini.

“Kami berharap dukungan kepala daerah, terutama bupati-bupati yang memang daerahnya dilintasi oleh tol. Penetapan lokasi akan dikebut agustus ini, dan di harapkan pada September atau Oktober proses pembangunan sudah bisa dilaksanakan,” ungkapnya.

Baca: Penyelesaian tol Pekanbaru-Dumai masih terganjal 12 permasalahan

Rencana pembangunan Tol Jambi-Rengat-Pekanbaru sudah masuk dalam rencana tata ruang dan wilayah Provinsi Riau 2018-2038 (Perda Nomor 10 Tahun 2020) dan Perda Provinsi Jambi Nomor 10 Tahun 2013 dalam RTRW Jambi 2013-2033.

Untuk panjang jalur Tol Jambi-Rengat yang akan dibangun yakni 198,130 kilometer. Sedangkan panjang Tol Rengat Pekanbaru 206 kilometer.***

Editor: Ilva

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: