Normalisasi hubungan, Kepala Intelijen Israel kunjungi UEA

Kepala Badan Intelijen Israel (Mossad), Yossi Cohen.

Tel Aviv (Riaunews.com) – Kepala Badan Intelijen Israel (Mossad), Yossi Cohen, dilaporkan langsung terbang ke Uni Emirat Arab (UEA), lima hari setelah kedua negara sepakat melakukan normalisasi hubungan.

Seperti dilansir Al Monitor yang mengutip kantor berita UEA, Emirates News Agency (WAM), Kamis (20/8/2020), Cohen bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional UEA, Syekh Tahnoon bin Zayed Al Nahyan.

Baca: Jalin hubungan dengan Israel, Iran sebut tindakan UEA bagaikan menusuk Muslim dari belakang

“Keduanya membicarakan rencana kerja sama dalam bidang keamanan dan bertukar pandangan tentang perkembangan kawasan dan sejumlah permasalahan yang menyangkut kepentingan bersama,” demikian isi laporan WAM.

Menurut surat kabar Times of Israel, rombongan pejabat lain dari Israel akan tiba di Abu Dhabi pada pekan ini untuk membahas pelbagai hal.

Kunjungan Cohen menjadi lawatan pertama pejabat tinggi Israel, setelah melakukan normalisasi hubungan dengan UEA.

Kedua negara dilaporkan akan menjalin kerja sama dalam bidang perdagangan, wisata, keamanan dan sejumlah hal lain.

Hal ini membuat UEA menjadi negara ketiga di Timur Tengah, setelah Mesir dan Yordania, yang melakukan normalisasi hubungan diplomatik dengan Israel.

Baca: Turki ancam tarik Dubesdari Abu Dhabi, buntut UAE normalisasi hubungan dengan Israel

Cohen dinilai menjadi salah satu “pemain kunci” dalam kesepakatan UEA-Israel. Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, sampai mengucapkan terima kasih karena Mossad dinilai berjasa membina hubungan dengan sejumlah negara di kawasan Teluk selama bertahun-tahun, dengan tujuan perdamaian.

UEA dan Israel sepakat melakukan normalisasi hubungan pada 13 Agustus. Sejumlah pihak, seperti Iran dan Otoritas Palestina, mengecam keputusan itu.***

Editor: Ilva

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: