Uji klinis, ratusan relawan sudah disuntik vaksin asal China

Vaksin buatan Sinovac, China.

Bandung (Riaunews.com) – Sebanyak 121 Relawan sudah menjalani penyuntikan dari tim peneliti uji klinis calon vaksin Covid-19 dari perusahaan China, Sinovac. Adapun relawan yang sudah terdaftar sejauh ini sebanyak 1.542 orang.

Manajer Lapangan Uji Klinis Vaksin COVID-19 Eddy Fadlyana ratusan relawan yang sudah menjalani penyuntikan itu berdasarkan data sementara pada Jumat (14/8/2020) malam.

Baca: Penolakan Erick Thohir jadi relawan vaksin corona menimbulkan multi tafsir

Mereka mendapat pelayanan di berbagai tempat yang sudah ditentukan. 21 Orang yang disuntik di hari pertama yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo pada Selasa (11/8) di RSP Unpad. Agenda tersebut tidak dilanjutkan selama dua hari berikutnya.

Pada Jumat ini, proses penyuntikan kembali dilakukan kepada sekitar 100 orang tersebar di Balai Kesehatan Unpad, Puskesmas Dago, Puskesmas Dago, Puskesmas Sukapakir, dan Puskesmas Ciumbuleuit.

“Relawan tersebut akan kembali disuntik vaksin dua pekan mendatang,” kata dia di Bandung.

Di sisi lain, ia mengungkapkan bahwa data sementara relawan yang sudah terdaftar sudah hampir mendekati dari jumlah yang ditargetkan untuk uji klinis vaksin, yakni 1.620 orang.

Baca: Tak mau jadi relawan vaksin asal China, Erick Thohir: Rakyat dululah, pemimpin belakangan

“Ada 1.541 relawan (yang sudah daftar)” ujar dia.***

Sumber: Merdeka
Editor: Ilva

Tinggalkan Balasan