Sabtu , Oktober 24 2020
Home / Hukum & Kriminal / BMW Jaksa Pinangki dipastikan TPPU suap Djoko Tjandra

BMW Jaksa Pinangki dipastikan TPPU suap Djoko Tjandra

BMW X5

Jakarta (Riaunews.com) – Direktur Penyidik Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Febrie Adriansyah mengatakan, pihaknya tengah fokus untuk menyelesaikan perkara gratifikasi Jaksa Pinangki Sirna Malasari. Salah satu yang dilakukannya yakni dengan melakukan penggeledahan di sejumlah tempat sejak Sabtu (29/8/2020).

“Dapat saya jelaskan bahwa penyidik sedang kerja ya untuk menuntaskan pemberkasan tersangka Pinangki dengan tersangka Djoko Tjandra. Sejak Sabtu kemarin penyidik itu sedang bergerak ke lapangan, sehingga hari Senin saya sudah dilaporkan ada empat tempat dilakukan penggeledahan,” kata Febrie di Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Selasa (1/9/2020).

Ia menjelaskan, alasan pihaknya melakukan penggeledahan dan mengamankan sejumlah barang seperti mobil BMW SUV X5. Hal ini terkait dengan sangkaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

“Kenapa dilakukan penggeledahan? Ini terkait sangkaan TPPU terhadap Jaksa Pinangki. Dan telah diperoleh satu buah mobil BMW ya rekan-rekan sudah lihat dan ini akan terus dikembangkan sampai ada percepatan pemberkasan,” jelasnya.

“Sudah kita kenakan (TPPU) jadi kita profesional sudah kita lakukan semua sangkaan pasal yang sesuai alat bukti yang kita butuhkan. Dan akan terus kita kembangkan siapa yang terlibat,” sambungnya.

Ia pun sudah memberi target kepada anggotanya untuk segera merampungkan masalah atau pemberkasan tersebut.

“Kita menyadari bahwa masyarakat menunggu bagaimana penyelesaian terhadap penanganan perkara Pinangki ini. Kita menyadari itu saya sudah beri target yang singkat kepada penyidik untuk segera melakukan penyelesaian pemberkasan,” ujarnya.

“Dan hari ini kita jadwalkan penyidik diskusi dengan jaksa peneliti dan penuntut umumnya supaya bisa cepat tuntas dan pimpinan juga sudah menggariskan agar ini cepat disidangkan agar masyarakat bisa tahu di persidangan itu bagaimana konstruksi, perbuatan Pinangki maupun Djoko Tjandra yang terjadi kemudian siapa yang terlibat dari yang telah dilakukan penyidikan yang dilakukan oleh Kejaksaan Agung ini,” tutupnya.

Sebelumnya, Direktur Penyidik Jampidsus Febrie Adriansyah mengatakan, pihaknya telah menyita sejumlah barang milik Jaksa Pinangki Sirna Malasari. Salah satu yang disita yakni mobil BMW tipe SUV X5 milik Pinangki.

“Itu mobil BMW-nya tersangka Pinangki sudah kami sita,” kata Febrie Adriansyah kepada wartawan, Jakarta, Selasa (1/9).

Ia menyebut, penggeledahan tak hanya dilakukan di rumah Pinangki saja tapi juga di beberapa tempat lainnya pada Senin (31/8) kemarin. Namun, ia tak merinci tempat atau lokasi mana saja yang dilakukan penggeledahan oleh penyidik.

“Ada di beberapa tempat (penggeledahan), ada alat IT dan dokumen (yang disita),” sebutnya.***

Sumber: Merdeka
Editor :ILVA

Tinggalkan Balasan