Meski diragukan sang anak, Amien Rais pastikan dirikan partai baru

Amien Rais.

Jakarta (Riaunews.com) – Meski sempat diragukan oleh anaknya sendiri, Amien Rais mematikan bahwa dirinya akan membuat partai baru.

Menurut mantan Ketua MPR Amien Rais ini, partai baru tersebut merupakan bentuk keprihatinan dirinya dengan sejumlah tokoh lain terkait kondisi Indonesia saat ini.

Ia menjelaskan, Indonesia saat ini menunjukkan indikasi yang mengarah ke ambang krisis. Baik itu krisis sosial, politik, dan ekonomi yang menuju resesi berat, hingga ke arah depresi.

Baca: Anak Amien Rais ini nyatakan akan berenang Jakarta-NTT jika PAN Reformasi terbentuk

“Kekuasaan rezim yang sedang memikul harapan rakyat nampaknya semakin jauh atau menjauhi nilai-nilai moral, atau etika atau akhlak yang baik,” ujar Amien dalam video yang diunggahnya di Youtube, Kamis (10/9/2020).

Karena hal-hal tersebutlah, ia membulatkan tekadnya untuk mendeklarasikan sebuah partai baru. Partai yang memiliki asas Islam Rahmatan Lil’alamin.

Parpol Baru Amien Berpotensi Masuk Parlemen Meski Sulit Amien Rais Umumkan Sesuatu Besok, Loyalis Sebut Partai Baru Sejumlah Tokoh Diklaim akan Gabung Partai Baru Amien Rais

“Islam melarang diskriminasi atas dasar apa pun,” ujar Amien.

Sedangkan partai tersebut akan memiliki semboyan, “Lawan kezaliman, tegakkan keadilan”. Lewat semboyan itu, ia ingin agar lapisan masyarakat dhuafa dan mustadh’afin merasakan masa depan yang cerah, adil, dan egaliter.

“Lebih etis, pendek kata lebih baik dari situasi, kondisi kita sekarang ini,” ujar mantan Ketua PP Muhammadiyah itu.

Menurutnya, pesan pokok dari Pancasila, UUD 1945, dan Alquran begitu searah dan paralel. Di mana intinya adalah memesankan untuk tegaknya keadilan dan lenyapnya kezaliman.

Baca: Waketum sebut PAN akan kehilangan jika Amien Rais buat partai baru

Adapun untuk nama, logo, dan AD/ART partai barunya tersebut belum dapat ia ungkapkan saat ini. Ia bersama tokoh lain saat ini masih bermusyawarah terkait waktu dan tempat deklarasi partainya itu.

“Mohon bersabar, tunggu tanggal, hari serta bulan yang kami sendiri sedang bermusyawarah. Jadi bersabar itu indah, fasobruh jamil,” ujar Amien.

Di akhir video ia kembali menegaskan asas partai barunya itu, yakni Islam Rahmatan Lil’alamin. “Lawan kezaliman, tegakkan keadilan. Merdeka, Allahu Akbar,” tutup Amien.

Sebelumnya, putra ketiga Amien Rais, Ahmad Mumtaz Rais yakin bahwa pembentukan partai baru oleh ayahnya tak akan terealisasi. Ia menilai, partai yang disebut sebagai PAN Reformasi itu sepi antusiasme.

“Lihatlah tidak ada satupun anggota dewan kita dan kepala daerah kita yang mengarah ke sana. Karena mereka semua sibuk bekerja, bukan seperti pengangguran yang luntang-lantung berhalusinasi membuat partai,” ujar Mumtaz saat dihubungi, Selasa (1/9/2020).

Ia tak segan menyebut partai baru itu sebagai PAN Halusinasi. Pasalnya, tidak ada anggota dewan PAN yang benar-benar telah menyatakan niatnya bergabung dengan partai bentukan Amien itu.

Baca: Amien Rais sebut kekuatan anti-ketuhanan makin beringas

“PAN Reformasi ini alih-alih akan terbentuk dan dideklarasikan, malah yang ada nyungsep sebelum tumbuh,” ujar Mumtaz.***

 

Sumber: Republika

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: