Sabtu , Oktober 24 2020
Home / Spesial Riau / Bengkalis / Miris di Duri tidak ada sekolah Islam negeri, Eet: Ini jadi prioritas ESA

Miris di Duri tidak ada sekolah Islam negeri, Eet: Ini jadi prioritas ESA

ESA bicarakan sekolah islam di Duri
Paslon Bupati Bengkalis ESA saat berdiskusi dengan tokoh masyarakat Duri. (Foto: Istimewa)

 

Duri (Riaunews.com) – Hingga saat ini, ternyata di Kota Duri, belum terdapat sekolah Islam negeri. Hal ini menjadi perhatian pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis nomor urut 4, H Indra Gunawan Eet PhD dan Ir H Samsu Dalimunthe (ESA).

Jika terpilih, mereka berkomitmen akan memprioritaskan pembangunan sekolah Islam Tsanawiyah (MTsn)-Aliyah (MAN) di Kota Duri.

“Seorang tokoh di Duri mengatakan kepada saya bahwa sekolah Islam Tsanawiyah dan Aliyah Negeri belum ada di Duri. Ini ke depan butuh para pemimpin yang betul-betul berpihak kepada pendidikan. Coba bayangkan sebuah kecamatan Mandau yang sebesar ini tak ada sekolah Islam negeri,” ujar Indra Gunawan Eet atau sapaan akrabnya Engah,  didampingi Samsu Dalimunthe, Sabtu (26/9/2020) di Kantin Masjid Besar Arafah, Duri.

Baca: Hanya Paslon Bupati Bengkalis ESA yang memiliki program penuntasan pengangguran

Pada kesempatan itu, Engah juga bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat Minang, Duri, H Sidi Toyo usai sholat Zuhur di masjid kebanggaan masyarakat Duri tersebut. Ada pula, anggota DPRD Bengkalis dari Partai Golkar H Hendri Hasibuan SAg yang pasang badan memenangkan ESA, mantan anggota DPRD Bengkalis Thamrin Mali, tokoh masyarakat  Irwan Mawardi SH, pengacara senior di Duri.

“Hari ini kita mandatory outstanding kebijakan pendidikan dari pusat ke kabupaten. Amanat UU, minimal 20 persen dana untuk pendidikan wajib dianggarkan di APBD, tujuannya bagaimana sumber manusia lebih Mantab,” jelas Engah.

Mantan ketua DPRD Riau mengatakan dengan APBD Bengkalis yang tidak kurang dari Rp4 triliun, jika 20 persen dialokasikan untuk pendidikan berarti sekitar Rp800 miliar.

“Insya Allah akan kita bangun pendidikan dan infrastrukturnya menjadi lebih baik lagi. Pembangunan sekolah Tsanawiyah dan Aliyah di Duri akan jadi prioritas ESA nanti saat kita terpilih,” tegasnya.

Membangun infrastruktur masih kata Eet sudah menjadi keharusan seperti jalan, jembatan, drainase dan lainnya, namun membangun sumber daya manusia tidak kalah penting. Untuk memantabkan majunya suatu daerah,” imbuhnya.

Baca: Paslon Bupati Bengkalis, ESA Dapat Nomor 4 Sesuai dengan Nomor Urut Partai Golkar

Eet-Samda, Sabtu (26/09/20) mengisi jadwal kampanye di Desa Boncah Mahang, Desa Pinggir tepatnya rumah anggota DPRD Bengkalis dari Partai Golkar, H Asmara dan Jalan Tegal Sari, Kelurahan Air Jamban. Ahad (27/09/20) dilanjutkan kampanye di beberapa titik di Kota Duri.

Di tempat yang sama, Irwan Mawardi SH menambahkan bahwa gagasan pendirian sekolah Islam Tsanawiyah dan Aliyah di Duri, ia sendiri yang sampaikan kepada Eet.

“Ya memang saya yang berikan ide ini, karena selama ini di Duri ini belum ada Tsanawiyah dan Aliyah negeri. Jadi hendaknya sekolah Islam ini menjadi prioritas dibangun ketika Eet-Samda nanti terpilih,” katanya.***

 

Pewarta : Edi Gustien

Tinggalkan Balasan